Fatmahanik, Ulum (2012) Peningakatan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran realistik pada materi prisma dan limas untuk siswa kelas viii c SMP Negeri 01 Donomulyo / Ulum Fatmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc (II) Dr.Santi Irawati M.Si. Kata Kunci Peningkatan Prestasi Belajar Realistik Prisma dan Limas. Mata pelajaran matematika dalam bidang geometri khususnya materi prisma dan limas mempunyai peran sangat penting dalam penguasaan materi mata pelajaran yang selanjutnya. Tetapi kenyataannya penguasaan siswa kelas VIIIC di SMPN I Donomulyo terhadap mata pelajaran geometri ini masih relatif rendah. Akibatnya prestasi belajar siswa juga rendah. Berdasarkan hal tersebut maka upaya yang dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran adalah dengan menerapkan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran realistik pada materi prisma dan limas yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIC SMPN I Donomulyo. Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) adalah pembelajaran yang menggunakan dunia nyata ( real world ) sebagai titik awal untuk pengembangan ide dan konsep matematika. Pembelajaran ini mempunyai lima langkah yaitu (1)memberikan masalah kontekstual (2) menyelesai-kan masalah kontekstual (3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban siswa (4) diskusi kelas dan (5) menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika pada materi prisma dan limas dapat meningkat melalui pembelajaran realistik. Hasil penelitian menyatakan bahwa persentase hasil tes secara klasikal yang mendapatkan skor minimal 75 adalah 78% pada siklus 1 dan 93% pada siklus 2 persentase hasil observasi aktivitas siswa 80% pada siklus 1 dan 94% pada siklus 2 persentase hasil observasi aktivitas guru 86% pada siklus 1 dan 94% pada siklus 2 persentase hasil angket 81% pada siklus 1 dan 89% pada siklus 2 dan hasil wawancara yang dilkukan pada 3 (tiga) obyek juga yaitu 2 siswa pada siklus 1 dan 3 siswa pada siklus 2 yang menyatakan memahami materi prisma dan limas. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah agar guru menggunakan strategi realistik sebagai salah satu alternatif pembelajaran dikelas serta dapat menerapkan pembelajaran ini pada materi yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110247 |
Actions (login required)
View Item |