Huda, Muhammad Anwarul (2012) Pembelajaran kubus dan balok dengan pendekatan RME untuk menumbuhkan kreativitas siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Probolinggo / Muhammad Anwarul Huda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Cholis Sa dijah M.Pd MA. dan (II) Dr Swasono Rahardjo M.Si Kata Kunci Pembelajaran Realistic Mathematics Education Kreativitas Pembelajaran yang diterapkan di madrasahmasihterpusatpada guru siswatidakbebasmengeluarkan ide-idenyakarenapembelajarandidominasioleh guru.Siswabanyakmenghafalkonsepmatematika yang diberikan guru danmenyelesaikanmasalahsecaraprosedural.Akibatnya siswa tidak dapat berpikir kreatif dan menjadi pasif.Olehkarenaitudi sekolah perlu dikembangkan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa.Salah satupembelajaranmatematika yang dapatmenumbuhkankreativitassiswaadalahpembelajarandenganpendekatan Realistic Mathematics Education (RME). PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas (PTK) bertujuanuntukmenumbuhkankreativitassiswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Desa Kropak Kec. Bantaran Kab. Probolinggo. Subyek wawancara 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subyek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran kubus dan balok dengan pendekatan RME dapat menumbuhkan kreativitas siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Desa Kropak Kec. Bantaran Kab. Probolinggo proses pembelajaranterbagi dalam tiga tahapan yaitu(1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran memotivasi siswa tentang pentingnya kubus dan balok mengingatkan kembali materi prasyarat pembentukan kelompok dan pemberian alat peraga (2) tahap inti meliputi pengerjaan LKS dan presentasi hasil diskusi yang diharapkan dapat menumbuhkankemampuanberpikirlancar (fluency) kemampuanberpikirluwes (flexibility) dankemampuanberpikir original (originality)dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi. Berdasarkanhasilpengamatanmenunjukkanbahwa pembelajaran yang dilakukantermasukpadakategorisangatbaik. Dari hasiltes skor rata-rata (dalampersen) darikeseluruhansiswa yang memperolehskor 8805 65 pada tindakan I adalah 85 29%. Hal ini menunjukkanbahwatumbuhnyakreativitassiswatentangmaterikubusdanbalok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110245 |
Actions (login required)
View Item |