Teacher talk in very young learner immersion class: how they do it / Farouq Aji Subroto - Repositori Universitas Negeri Malang

Teacher talk in very young learner immersion class: how they do it / Farouq Aji Subroto

Subroto, Faruq Aji (2020) Teacher talk in very young learner immersion class: how they do it / Farouq Aji Subroto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Subroto Farouq Aji. 2019. Teacher Talk dalam Kelas Imersi Anak Usia Dini Bagaimana Para Guru Melakukannya. Thesis Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Yazid Basthomi M.A. (II) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata kunci Very Young Learner YLE Kelas Imersi Teacher Talk Strategi Menggunakan Bahasa Bahasa Tubuh Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggunakan bahasa Indonesia saat mengajar bahasa Inggris yang sebenarnya lebih baik jika menggunakan bahasa Inggris itu sendiri. Hal ini dikarenakan siswa PAUD ini sedang berada pada critical period periode dimana anak dapat mempelajari beberapa bahasa yang berbeda dengan mudah selama mereka mereka mendapatkan paparan bahasa Inggris yang cukup serta guru yang mampu menciptakan suasana belajar atau lingkungan yang suportif. Ternyata ada satu kursus bahasa Inggris yang telah hampir sepuluh tahun berpengalaman mengajar anak usia dini. Ditambah lagi guru-gurunya hanya menggunakan bahasa Inggris di kelas yang membuat kelasnya menjadi kelas imersi bagi para siswa dan gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan macam bahasa yang digunakan guru-guru tersebut dan bagamana bahasa tersebut digunakan secara efektif sehingga siswa dapat mengerti dan merespon dengan tepat. Penelitian deskriptif ini menggunakan tiga macam data yakni interview dengan guru observasi kelas dan dokumen dari kursus bahasa ini yang berhubungan dengan pengajaran anak usia dini. Untuk mengkategorisasikan macam bahasa yang digunakan teacher talk (TT) yang diusulkan Moskowitz digunakan sebagai pedoman pengkategorisasian. Kedua guru tersebut bersedia berpartisipasi dalam penelitian serta the Director of Studi setara dengan kepala sekolah telah memperbolehkan saya mengobservasi kelas tersebut yang muridnya berusia tiga tahun. Hasil menunjukkan terdapat empat macam bahasa (pemberian petunjuk pemberian informasi pertanyaan dan pujian serta dorongan) yang digunakan berkali-kali. Keempat macam bahasa tersebut digunakan dalam penyampaian materi kepada siswa sedangkan yang lainnya (kritikan pada siswa penanganan perasaan siswa dan penggunaan ide siswa) sedikit digunakan hal ini disebabkan karena ketiganya hanya digunakan untuk melakukan manajemen kelas. Selain itu bahasa tubuh dan demonstrasi juga sering digunakan bersamaan dengan keempat macam bahasa tersebut guna memberikan asosiasi atau petunjuk lebih kepada siswa terkait target bahasa yang diajarkan dan bagaimana melakukan sesuatu aktiftas dengan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110109

Actions (login required)

View Item View Item