Izati, Tu'amiyatul (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA DIPONEGORO TUMPANG MALANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salahsatumodelpembelajarankooperatifyangdapatmendukungsiswauntukmelakukanpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered)adalahmodelpembelajarangroupinvestigationdanproblembasedlearning.KeduaModelinimemilikikarakteristikyanghampirsama.Perbedaanyaterletakpadamodelgroupinvestigationpenentuantopikatautemapermasalahannyayangakandipelajariditentukanolehsiswasedangkanpadamodelproblembasedlearningsiswaharusmemberikansolusidaripermasalahanyangdiberikanolehguru.Hasilpenelitianterdahulumenunjukkanbahwamodelkemampuanberpikirtingkattinggimenggunakanmodelpembelajarangroupinvesigationdanmodelproblembasedlearningterdapatperbedaan.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbandinganmodelpembelajarangroupinvestigationdanproblembasedlearningterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswa.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasiEksperimendenganposstestonlycontrolgroupdesigndenganduakelompoksubjekpenelitianyangmemilikikemampuansama(homogen).LokasipenelitianinidilaksanakandiSMADiponegoroTumpangKabupatenMalang.Sampelpenelitianterdiridari2kelasyaitukelasXIPS1yangmendapatperlakuanmodelpembelajarangroupinvestigastiondankelasXIPS2mendapatmodelproblembasedlearning.Penilaiankemampuanberpikirtingkattinggisiswamenggunakanposttestyangtelahdivalidasidanujireliabilitas.AnalisispenelitianinimenggunakanIndependentsampelT-TestBerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwaterdapatperbedaankemapuanberpikirtingkattinggisiswadenganmenggunakanmodelpembelajarangroupinvestigationdanmodelproblembasedlearning.Haltersebutterbuktidarihasilrata-ratanilaikemampuanberpikirtingkattinggiyangmenunjukkankelasdenganmodelpembelajarangroupinvestigationlebihtinggiyaitu7621dibandingkandengankelasmodelproblembasedlearningsebesar7104.PadaperhitunganhipotesisyangdilakukankelasmodelPembelajarangroupinvestigationmemperolehSig.(2-tailed)00230025dankelasproblembasedlearningmendapatSig.(2-tailed)00240025berdasarkanhaltersebutH0ditolak.Sehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaankemampuanberpikirtingkattinggiyangdibelajarkandenganmodelpembelajarangroupinvestigastiondanmodelproblembasedlearning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 08:29 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 08:29 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1091 |
Actions (login required)
View Item |