Syaviar, Fitra Arief (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) Berbantuan Citra Google Earth pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa di MAN 3 Kabupaten Kediri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikanmerupakansalahsatufaktorpentingyangmempengaruhiproseskemajuanindividudanbangsa.Berkaitandenganpentingnyapendidikandibutuhkanmodelpembelajarandanmetodemengajaryangmembuatsiswamampuberkembangdanterlibatlangsungdalamkegiatankelas.Geografimerupakanilmuuntukmengembangkandanmembangunkemampuanberorientasispasial.Kemampuanberpikirspasialkaitannyadenganfenomenageosferyaknikemampuanmengolahdanmenguasaiinformasiyangdidapatdalamruang.ModelEarthCommmerupakanmodelyangberorientasipadapemecahanmasalahdibumiyangdikajidalammasyarakat.Makadikaitkandengankemampuanberpikirspasialmodelinidiharapkanmampuuntukmencapaitujuanyangdiharapkan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(EarthComm)berbantuanCitraGoogleEarthpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikirspasialsiswa.ModeleksperimenyangdigunakanyakniQuasiExperimentdenganmenerapkanPosttestOnlyControlGroupDesigndenganmelibatkanduakelompokdengansubjekpenelitianXIIS2sebagaikelaseksperimendanXIIS1sebagaikelaskontrolyangdiambilberdasarkannilaiUAS.Teskemampuanberpikirspasialdilaksanakansetelahpemberianperlakuankepadakeduakelas.Tesdiberikandalambentuksoalessayyangtelahdirancangsesuaiindikatorkemampuanberpikirspasial.TeknikanalisisdatadilakukanmenggunakanIBMSPSSStatistics22ForWindowsdenganujit(IndependentSampleT-Test).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilairata-ratakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Diketahuibahwanilairata-ratakelaskontrol6660dankelaseksperimenyakni7439sehinggaterdapatperbedaan8%keduanya.Berdasarkanhasilanalisisdataujit(IndependentSampleT-Test)terdapatpengaruhModelPembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(EarthComm)berbantuancitragoogleearthpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikirspasialsiswadibandingkandengankelaskontrolyangmenggunakanmodelkonvensional.ModelpembelajaranEarthComminidisarankanuntukdijadikanvariasipembelajarangurudalampenerapanmodelpembelajaran.Modelinijugadapatdikembangkanolehpenelitilaindenganmenambahvariabelmoderatorataumedialain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 08:29 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 08:29 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |