Biaya lingkungan berbasis green construction pada developer hotel di Bali / Ayu Agus Tya Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Biaya lingkungan berbasis green construction pada developer hotel di Bali / Ayu Agus Tya Ningsih

Ningsih, Ayu Agus Tya (2019) Biaya lingkungan berbasis green construction pada developer hotel di Bali / Ayu Agus Tya Ningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustya Ayu. 2019. Biaya Lingkungan Berbasis Green construction pada Developer Hotel Bali. Tesis. Jurusan Akuntansi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak (2) Helianti Utami S.E M.Si. Ak Ph.D Kata Kunci green construction biaya lingkungan teori institusional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik biaya lingkungan pada pembangunan hotel yang memiliki konsep pembangunan green construction dengan merespon adanya tekanan coersif mimetic dan normative isomorphism pada PT.BPS di Bali. Penelitian ini mengungkap biaya lingkungan yang terjadi pada saat proses awal perencanaan sampai tahap pelaksanaan proyek hotel yang berkonsep green construction. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berjenis studi kasus dengan desain single situs karena dilakukan hanya pada satu lokasi penelitian yaitu PT. BPS Bali. Penelitian ini menemukan bahwa 1) PT. BPS melaksanakan kesadaran akan penerapan green construction sejak awal pemrograman dan juga perencanaan proyek sampai pada pelaksanaan konstruksi. 2) Konsep green construction pada perakuan biaya lingkungan merespon adanya tekanan coersif mimetic dan juga normative isomorphism. 3) Tekanan Coersif berupa peraturan perundang-undang proses mimetic berupa studi banding dan juga menyewa jasa konsultan kemudian tekanan normative isomorphism yaitu penggunaan acuan standar ISO GREEN SHIP dan juga PSAK. 4) dari ketiga tekanan diatas normative isomorphism adalah tekanan yang paling kuat menurut peneliti karena dijelaskan ada enam aspek penilaian dalam tahapan proses identifikasi pengakuan pengukuran dan pengungkapan biaya lingkungan di proyek hotel. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya ada satu situs penelitian sehingga tidak dapat menjangkau data yang lebih dalam tentang praktek green construction dengan perlakuan akun yang lain. Perbedaan manajemen pelaksana konstruksi dan manajemen operasional hotel serta keterbatasan waktu juga menjadi pertimbangan penelitian dalam menjangkau data yang menjadi tujuan penelitian. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas kajian perlakuan akuntansi terhadap kelompok akun lain selain biaya lingkungan misalnya pendapatan atau aset perusahaan yang terkena dampak penerapan konsep green construction.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S2 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108459

Actions (login required)

View Item View Item