Peranan stakeholder dan strategi peningkatan pasar ekspor kopi PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo / M. Adi Trisna Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan stakeholder dan strategi peningkatan pasar ekspor kopi PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo / M. Adi Trisna Wahyudi

Wahyudi, M. Adi Trisna (2019) Peranan stakeholder dan strategi peningkatan pasar ekspor kopi PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo / M. Adi Trisna Wahyudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyudi M. Adi Trisna. 2019. Peranan Stakeholder dan Strategi Peningkatan Pasar Ekspor Kopi PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo. Tesis. Magister Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Agung Winarno M.M. (II) Dr. Syihabudhin S.E. M.Si. Keyword Peranan Stakeholder Strategi meningkatkan ekspor ICO atau International Coffee Organization tahun 2019 melaporkan bahwa konsumsi kopi dunia terus mengalami peningkatan sejak tahun 2014 tumbuhnya konsumsi kopi dunia tersebut memberikan dampak positif bagi negara-negara eksportir kopi dunia termasuk Indonesia. Salah satu eksportir kopi Indonesia yaitu PT. Berkat Mukmin Mandiri yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo menariknya PT. tersebut merupakan BUMP (Badan Usaha Milik Pesantren) yaitu Yayasan Mukmin Mandiri Pesantren Agrobisnis dan Agroindustri yang masih tergolong pada skala UKM atau (Usaha Kecil Menengah). Tujan penelitian ini adalah mengidentifikasi peranan stakeholder dalam meningkatkan pasar ekspor kopi PT Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo dan merumuskan alternatif strategi dalam meningkatkan pasar ekspor kopi PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus dan datanya dikumpulkan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis datanya yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan yang dilanjutkan dengan analisis SWOT sebagai media untuk perumusan strategi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan stakeholder PT. Berkat Mukmin Mandiri dalam meningkatkan pasar ekspor kopi mencakup memperbanyak jaringan mitra luar negeri melakukan komunikasi bisnis antar organisasi menjalin hubungan baik dengan pemerintah melakukan added value product menerapkan prinsip kerja sesuai prinsip syariah menggunakan strategi blue ocean (membangun pasar baru) melakukan promosi ekspor melalui pertemanan menganalisis kemauan pasar meningkatkan target ekspor mensupport melakukan added value (nilai tambah) produk membantu promosi produk PT. Berkat Mukmin Mandiri melalui CTH (Cooperative Trading House) membangunkan akses kerjasama bisnis dengan buyer luar negeri sebagai media yang membantu kegiatan ekspor PT. Berkat Mukmin Mandiri membantu mencarikan pasar dinegaranya. Sedangkan hasil analisis SWOT menunjukan bahwa strategi utama yang direkomendasikan untuk perusahaan adalah strategi Strenght - Opportunity (S-O) yaitu mengoptimalkan kemampuan produksi dan pemasaran dengan memanfaatkan akses pasar ekspor yang sudah terbuka dan melakukan pemasaran ekspor secara maksimal dengan memanfaatkan fasilitas dari pemerintah dan jaringan mitra ekspor. ABSTRACT Wahyudi M. Adi Trisna. 2019. Role of Stakeholders and Strategies to Increase Coffee Export Market PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo. Thesis. Master of Management. Faculty of Economics. Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. H. Agung Winarno M.M. (II) Dr. Syihabudhin S.E. M.Si. Keyword Role of Stakeholders Strategy to increase exports ICO or International Coffee Organization in 2019 reported that world coffee consumption continued to increase since 2014 the growth of world coffee consumption had a positive impact on world coffee exporters including Indonesia. One of Indonesia s coffee exporters PT. Berkat Mukmin Mandiri located in Sidoarjo Regency interestingly PT. These are BUMP (Islamic Boarding School Owned Enterprises) namely the Mukmin Mandiri Foundation Agrobusiness and Agro-Industry Islamic Boarding Schools which are still classified as SMEs or (Small and Medium Enterprises). The purpose of this study is to identify the role of stakeholders in increasing the coffee export market of PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo and formulate alternative strategies in increasing the coffee export market of PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo. This research method uses a descriptive qualitative approach with a type of case study and the data is collected through interviews observation and documentation. The data analysis is data reduction data presentation and conclusions followed by SWOT analysis as a medium for strategy formulation. The results of this study indicate that the role of stakeholders PT. Berkat Mukmin Mandiri in increasing the coffee export market it includes expanding overseas partner networks conducting business communication between organizations establishing good relations with the government conducting added value products applying work principles according to sharia principles using the blue ocean strategy (building new markets) doing export promotion through friendship analyzing market will increasing export targets supporting carrying out added value (product value) products helping to promote PT. Berkat Mukmin Mandiri through CTH (Cooperative Trading House) building access to business cooperation with foreign buyers as a media that helps export activities of PT. Berkat Mukmin Mandiri helping to find markets in his country. While the results of the SWOT analysis show that the right alternative strategy in increasing the coffee export market of PT. Berkat Mukmin Mandiri is a Strength - Opportunity (SO) strategy that is by utilizing the power to seize opportunities as much as possible. namely optimizing production and marketing capabilities by utilizing open export market access and maximizing export marketing by utilizing government facilities and export partner networks.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/108433

Actions (login required)

View Item View Item