Purbono, Heri (2019) Pengembangan paket pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berlandaskan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter untuk siswa kelas X semester genap di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa / Heri Purbono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Purbono Heri. 2019. Pengembangan Paket Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berlandaskan Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas X Semester Genap di SMK-PP Negeri Sembawa. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. A.J.E. Toenlioe M.Pd. (2) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata kunci pengembangan paket pembelajaran PPKn penguatan pendidikan karakter Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan jalan perwujudan Nawacita dan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di bidang pendidikan. Salah satu implementasi penguatan pendidikan karakter dapat diintegrasikan di dalam struktur kurikulum melalui kegiatan penguatan materi pembelajaran. Namun kenyataan disekolah-sekolah seperti halnya di SMK-PP Negeri Sembawa belum tersedia sumber belajar berupa paket pembelajaran yang mendukung penguatan pendidikan karakter. Salah satunya dalam mata pelajaran PPKn di kelas X. PPKn menjadi salah satu mata pelajaran leading sector dalam pembentukan karakter untuk itu perlu mengembangkan paket pembelajaran yang diperkuat dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pengembangan paket pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar penguatan pendidikan karakter panduan guru dan panduan siswa yang layak digunakan serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif efisien dan menarik. Pengembangan paket pembelajaran ini menggunakan model Dick Carey Carey (2009). Model ini bersifat sistematis dan prosedural. Prosedur penelitian dalam pengembangan yang dilakukan ini meliputi sembilan langkah kegiatan yakni (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melakukan analisis tujuan pembelajaran (3) mengidentifikasi karakteristik peserta didik (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan materi pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) merevisi paket pembelajaran. Uji validasi produk dilakukan oleh tiga ahli yakni ahli isi mata pelajaran ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Uji coba lapangan di SMK-PP Negeri Sembawa dengan subyek yang terlibat yakni peserta didik kelas X semester genap jurusan perkebunan sejumlah 33 orang dan seorang guru mata pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket pembelajaran yang terdiri dari bahan ajar panduan guru dan panduan siswa sangat layak untuk digunakan dan sangat efektif. Data hasil penelitian yang diperoleh yakni (1) hasil validasi ahli isi mata pelajaran untuk persentase bahan ajar (89%) panduan guru (90%) dan panduan siswa (90%) (2) hasil validasi ahli desain pembelajaran untuk persentase bahan ajar (92%) panduan guru (97%) dan panduan siswa (92%) (3) hasil validasi ahli media persentase bahan ajar (99%) panduan guru (98%) dan panduan siswa (98%) (4) hasil uji coba perorangan untuk persentase bahan ajar (89%) panduan siswa (91%) (5) hasil uji coba kelompok kecil persentase bahan ajar (96%) panduan siswa (97%) (6) hasil uji coba lapangan persentase bahan ajar (93%) panduan siswa (95%) dan panduan guru (98%) serta dari penilaian 33 siswa diperoleh hasil sangat efektif yakni 100% siswa mencapai KKM dengan nilai sikap dan keterampilan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/108267 |
Actions (login required)
View Item |