Analisis isi Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Indonesia jenjang SMP (kelas VII, VIII, dan IX) semester gasal yang disusun Tim MGMP Kota Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Nuril Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis isi Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Indonesia jenjang SMP (kelas VII, VIII, dan IX) semester gasal yang disusun Tim MGMP Kota Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Nuril Wijayanti

Wijayanti, Nuril (2013) Analisis isi Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Indonesia jenjang SMP (kelas VII, VIII, dan IX) semester gasal yang disusun Tim MGMP Kota Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Nuril Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijayanti Nuril. 2013. Analisis Isi Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Indonesia Jenjang SMP (Kelas VII VIII dan IX) Semester Gasal yang Disusun oleh Tim MGMP Kota Malang Tahun Pelajaran 2012//2013. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Drs.Dwi Saksomo M.Si. Kata Kunci lembar kerja siswa Bahasa Indonesia materi tahapan-tahapan kegiatan keterampilan berbahasa soal latihan. Prinsip pelaksanaan KTSP adalah menuntut siswa untuk aktif dan bekerja mandiri. Salah satu cara yang banyak ditempuh guru untuk mengaktifkan siswanya adalah dengan menggunakan LKS. Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah bahan ajar cetak yang berfungsi sebagai media dalam kegiatan belajar mengajar yang berisi materi pelajaran lembaran-lembaran tugas atau kegiatan yang berisi petunjuk dan langkah-langkah menyelesaikannya yang mengacu pada kompetensi dasar yang akan dicapai. Namun fungsi LKS saat ini mulai bergeser yang awalnya hanya sebagai pemandu siswa dalam melakukan suatu kegiatan tetapi sekarang justru dijadikan sebagai referensi utama. Tingkat penggunaan LKS yang cukup tinggi dalam setiap pembelajaran semestinya harus diimbangi dengan kualitas dan mutu LKS yang tinggi pula. Apabila LKS yang digunakan adalah LKS yang bermutu rendah tentu sangat merugikan penggunanya baik siswa maupun guru. Dalam rangka memperbaiki kualitas LKS yang banyak digunakan dalam pembelajaran maka perlu dilakukan analisis terhadap LKS yang digunakan oleh SMP Negeri di Kota Malang khususnya LKS Bahasa Indonesia jenjang SMP semester gasal yang disusun Tim MGMP Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian orientasi isi materi dengan kurikulum (SK dan KD) tahapan-tahapan kegiatan keterampilan berbahasa dan jenjang soal latihan keterampilan berbahasa yang terdapat dalam LKS Bahasa Indonesia kelas VII VIII dan IX yang disusun oleh Tim MGMP Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif evaluatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah LKS Bahasa Indonesia jenjang SMP kelas VII VIII dan IX yang disusun oleh Tim MGMP Kota Malang. Data penelitian ini adalah orientasi isi materi tahapan-tahapan kegiatan keterampilan berbahasa dan soal-soal latihan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumenter karena seluruh data yang terkumpul berupa dokumen yang bersumber dari LKS Bahasa Indonesia kelas VIII VIII dan IX yang disusun oleh Tim MGMP Kota Malang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) penyeleksian data yang layak dipakai sesuai dengan masalah penelitian (2) pengklasifikasian data pada materi tahapan-tahapan kegiatan pada keterampilan berbahasa dan soal latihan (3) pemberian kode-kode terhadap data yang telah ditemukan agar mempermudah dalam penganalisisan (4) penganalisisan serta pencocokan data dengan kriteria dan (5) penyimpulan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara membaca dan menelaah sumber data secara berulang-ulang sehingga wujud dari perpanjangan pengamatan. Kedua peneliti membaca secara instensif dan mengamati secara teliti dan mendalam seluruh LKS kemudian mencocokkan dengan kriteria yang telah dibuat. Ketiga peneliti menggunakan teknik diskusi teman sejawat dengan cara meminta pendapat teman tentang temuan peneliti untuk memeriksa keabsahan data ini sebagai wujud pengecekan teman sejawat. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh tiga simpulan sebagai berikut. Pertama orientasi materi yang terdapat dalam LKS Bahasa Indonesia buatan Tim MGMP Kota Malang sudah sesuai dengan kurikulum (SK dan KD. Kedua apabila ditinjau dari tahapan-tahapan kegiatan keterampilan berbahasa yang terdapat dalam LKS Bahasa Indonesia buatan Tim MGMP Kota Malang tidak memuat tahapan kegiatan secara lengkap. Ketiga soal latihan keterampilan menulis menyimak dan berbicara lebih menekankan soal latihan langsung. Adapun keterampilan membaca lebih menekankan pada soal pemahaman. Berdasarkan simpulan yang telah diperoleh peneliti menyarankan sebagai berikut. Pertama untuk penyusun LKS hendaknya melakukan perbaikan terutama menyangkut tahapan-tahapan keterampilan berbahasa. Tahapan-tahapan keterampilan berbahasa perlu diperbaiki karena tahapan-tahapan keterampilan berbahasa dalam kompetensi dasar tidak memuat semua tahapan-tahapan secara lengkap. Kedua untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti tentang LKS Bahasa Indonesia yang lain dengan menggunakan rumusan masalah yang telah disebutkan peneliti. Hal ini bertujuan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian tentang LKS atau buku bahasa dan sastra yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/107396

Actions (login required)

View Item View Item