Analisis Terhadap Buku Teks Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas IV SD di Kota Malang oleh Nur Chamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Terhadap Buku Teks Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas IV SD di Kota Malang oleh Nur Chamidah

Chamidah, Nur (2010) Analisis Terhadap Buku Teks Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas IV SD di Kota Malang oleh Nur Chamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalarn kegiatan pembelajaranb erbagai rnedia rligunakan.salahs atu diantaranya dalahb uku teks. Dari kajian pustakad iketahuib uku teks rnerupakan media pembelajarany ang penggunaamyap aling dominan di sekolah.K eadaan tersebumt enuntuta danyap engkajiana taua nalisist erhadapb erbagaia spekd alarn buku teks agadr apatm engimbangki urangnyap enggunaanm edial ain selainb uku dan agar buku teks dapat digunakan secara efektif dan efisien dalam kegiatarr pembelajaran.Bertolakd ari latar belakang tersebut masalah-masalahd alam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (l) Apakah isi buku teks IPA yang digunakan dikelas IV SD sudah sesuai dengan kurikulum SD tahun 1994 Suplanen GBPP 1999 (2) Bagaimana kondisi rangkuman soal/latihan gambar dan ukruan hruuf dalam buku teks IPA kelas IV SD di Kota Malang . Penelitiani ni disebutp orelitian deskriptif kuantitaitf yangm enggunakan dokumen sebagai objek kajian. Populasi dalam penelitian ini adalah sernua buku teks IPA kelas IV SD yang digunakano leh gunr dan siswad i Kota Malang. Penelitim engambils ampels ecarap urposif y aitu buku teks terbitan Ega lra Yuda dan Garang .dimanap okok bahasans atud ari tiap buku dijadikans arnpel dengana sumsib ahwap ola penulisanp adab ab I akant erbawap adap ola penulisan pokok bahasan berikutnya. Instrumen yang digunakan adalah teknik non tes dengan menggunakan metode dokumentasi. Dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan tabulasi. Analisis yang digunakana dalaha nalisisk uantitatifd enganr umusp ersentase. Hasil penelitian menyimpulkan (l) Keernpat buku teks yang menjadi objek pmelitian telah sesuai dengan kurikulum SD tahun 1994 Suplonen GBPP 1999.(2)k ajiant erhadapk ondisi rangkumanm enunjukkand ua buku teks diakhiri dengan rangkuman dengan kondrsi baik sedangkan dua buku teks yang kain diakhiri rangkurnan dengan kondisi sangat buruk. (3) Kajian terhadap kondisi soalflatihan menunjukkan tiga buku teks diakhiri soal dengan kondisi baik dan satu buku buku teks dalam kondisi cukup.(4) kajian terhadap kondisi gambar menunjukkan satu buku teks dalam kondisi baik dua buku teks dalam kondisi cukup dan satu buku teks dalam kondisi bunrk.(5) kajian terhadap kondisi ukuranhurufkeempabt uku teks yang menjadio bjek kajian dalam kondisi sangat b uruk. Peneliti menyarankana gar para penyusun evaluatodra n penerbitb uku teks IPA kelas IV SD memperbaikik ekuranganb eberapau nsur dalamb uku teks yang relevan dengan frrngsinya masing-masing. Dan kepada guru serta siswa sebagai pemakai buku teks disarankan agar dalam memilih lruku teks benar-benar jeli dan memperhatikan kesesuaian dengan GBPP ketersediaan soal4atihan rangkumar dan gambar serta ukuran huruf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item View Item