Pemanfaatan media tiruan kebun binatang pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma'arif Legok-Gempol / Achmad Bustanul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media tiruan kebun binatang pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma'arif Legok-Gempol / Achmad Bustanul Arifin

Achmad Bustanul (2011) Pemanfaatan media tiruan kebun binatang pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma'arif Legok-Gempol / Achmad Bustanul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pemafaatan media tiruan Hasil belajar IPA. Berdasarkan observasi di kelas IV MI Ma arif Legok pada pembelajaran IPA ditemukan fakta dalam pembelajaran IPA banyak siswa yang mengalami kesulitan menguasai materi. Hal ini ditandai dengan hasil belajar refleksi awal dengan nilai yang menghasilkan rata-rata kelas 64 40. Setelah ditelusuri ternyata 14 siswa (56%) mencapai taraf penguasaan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) sebesar 70 sedangkan 11 siswa (44%) tidak mencapai SKBM sebesar 70. Dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa adanya media. Ketika guru memberi latihan soal dari materi yang disampaikan banyak anak malas mengerjakan latihan bermain dalam kelas berbicara atau bergurau dengan temannya kadang kelihatan gelisah dan tegang kurang senang. Setelah di koreksi guru ternyata hasil dari pekerjaan siswa nilainya tidak mencapai target. Tujuan penelitian ini terdiri 2 yaitu (1) Mendeskripsikan penggunaan media tiruan kebun binatang pada pembelajaran IPA di kelas di kelas IV MI Ma arif Legok kecamatan Gempol (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan memanfaatkan media tiruan kebun binatang di kelas IV MI Ma arif Legok kecamatan Gempol (3)Mendeskripsikan hasil belajar IPA dengan memanfaatkan media tiruan kebun binatang di kelas IV MI Ma arif Legok kecamatan Gempol. Rancangan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana di setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Penelitian dilaksanakan melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma arif Legok Gempol kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa dengan pemanfaatan media tiruan kebun binatang proses pembelajaran IPAdapat di tingkatkan. Selain itu penggunaan media tiruan kebun binatang pada mata pelajaran IPA tersebut juga dapat dikatakan berhasil dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil analisis rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan terjadi peningkatan dari refleksi awal sebesar 64 40. pada siklus 1 meningkat sebesar 63 30 dan pada siklus 2 sebesar 74 60. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa telah mencapai nilai di atas SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yaitu 70 00. Peningkatan hasil belajar meliputi aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Kesimpulannya adalah dari penjelasan tersebut dapat dikumukakan bahwa dengan pemanfaatan media tiruan kebun binatang pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik serta mengoptimalkan aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan-temuan yang diperoleh maka disarankan a) selama proses pembelajaran dengan media tiruan kebun binatang berlangsung guru lebih banyak memberikan motivasi dan perhatian kepada peserta didik. b) bagi kepala sekolah hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan untuk rujukan untuk menyediakan sumber belajar dan sarana prasarana yang menunjang penggunaan pendekatan pembelajaran inovatif khususnya penggunaan media. . Dengan menggunakan Media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik serta mengoptimalkan aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan-temuan yang diperoleh maka disarankan a) selama proses pembelajaran dengan media tiruan kebun binatang berlangsung guru lebih banyak memberikan motivasi dan perhatian kepada peserta didik. b) bagi kepala sekolah hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan untuk rujukan untuk menyediakan sumber belajar dan sarana prasarana yang menunjang penggunaan pendekatan pembelajaran inovatif khususnya Media kebun binatng

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105945

Actions (login required)

View Item View Item