Khuriyatul (2011) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Brambang Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Khuriyatul Aisyiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kontekstual Hasil Belajar IPA IPA merupakan Ilmu Pengetahuan yang berisi konsep-konsep yang berhubungan dengan alam sebagai hasil eksperimen/percobaan dan observasi. Bertdasarkan pengamatan di SDN Brambang kurang berhasilnya pembelajarana IPA disebabkan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan tidak termotivasi untuk belajar. Dari SKM 70 Terbukti dari hasil tes yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai kelas 54 82 dari 28 siswa ada 20 siswa yang nilainya di bawah SKM dan 8 siswa yang sudah sesuai/ di atas SKM. Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung. Penelitian ini mengguanakan model kontekstual dimana model kontekstual tersebuat merupakan model pembelajaran yang membuat siswa menghubungkan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat sehingga diharapkan apa yang didapat siswa lebih bertahan lama dan siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran IPA siswa kelas V (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa (3) peningkatan hasil belajar siswa subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Brambang Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan sebanyak 23 siswa. Sedang Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi. Lembar Observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas V SDN Brambang. Hal ini terjadi karena guru telah melakukan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah konteksttual yang ada. Untuk aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 36 08 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 71 52 nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai pada pra tindakan 54 82 Siklus I 67 50 dan Siklus II 77 63 Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran kontekstual telah dilaksanakan (2) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (3) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru kelas V SDN Brambang agar menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA sehingga pembelajaran yang dilaksankan melibatkan aktivitas siswa secara penuh baik fisik maupun mental.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |