Karimah, Azzahrotul (2016) Students' attitude toward journal writing as additional assignment / Azzahrotul Karimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Karimah Azzahrotul. 2016. The Students Attitude on Journal Writing as Additional Assignment. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata kunci sikap penulisan jurnal. Penelitian ini meneliti tentang sikap siswa terhadap penulisan jurnal harian sebagai tugas tambahan. Yang dimaksud dengan jurnal harian pada penelitian ini adalah sebuah aktivitas penulisan yang dilakukan oleh siswa pada kertas atau pada buku jurnal yang berisi tentang perasaan pengalaman ekspresi dan ide-ide para siswa. Penelitian deskriptif digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui sikap para siswa terhadap penulisan jurnal harian. Ada 19 siswa yang diikut sertakan dalam penelitian ini mereka adalah siswa SMA kelas X (sepuluh) jurusan IPA. Penelitian ini dilakukan di SMA Darul Qur an Watugede Singosari Malang. Para siswa diminta untuk menulis jurnal harian selama 10 (sepuluh) minggu atau 70 hari. Mereka harus menulis satu jurnal setiap hari jadi jumlah total jurnal yang harus mereka tulis adalah 70 jurnal. Meskipun hasil akhir menunjukkan bahwasannya tidak ada satu orang siswa pun yang menulis sebanyak 70 jurnal. Sebagian siswa menulis jurnal harian dan sebagian lagi tidak menulisnya. Dari 19 siswa 11 siswa diantaranya menulis jurnal harian sedangkan 7 siswa tidak menulis jurnal sama sekali. Penulisan jurnal terbanyak yang ditulis oleh siswa berjumlah 56 jurnal dan siswa yang lain menulis jurnal harian dengan jumlah dibawah 56 jurnal. Akan tetapi fokus dari penelitian ini adalah sikap para siswa terhadap penulisan jurnal jadi jumlah jurnal yang ditulis oleh siswa tidak dijadikan ukuran dalam hal ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menulis jurnal harian selama terus menerus sikap siswa terhadap aktifitas menulis menjadi lebih positif yang pada awalnya rata-rata sikap siswa terhadap aktifitas menulis adalah 56 menjadi 67. Hasil persentase ini didapatkan dari kuisioner yang dibagikan kepada siswa dan direspon setelah mereka menulis jurnal harian. Penulisan jurnal harian dapat memberikan manfaat kepada sikap siswa terhadap aktivitas menulis. Dengan menulis ide-ide membagi ekspresi dan pengalaman serta menulis perassan mereka pada jurnal harian mereka merasa senang. Pengaruh positif atau pengaruh baik dari kegiatan penulisan jurnal harian ini adalah ketertarikan siswa terhadap aktivitas menulis naik setelah mereka menulis jurnal harian. Disarankan kepada guru kelas untuk memberikan dorongan kepada para siswa agar menulis jurnal secara rutin sebagai tugas/pekerjaan rumah. Hal ini ditujukan untuk membuat mereka dapat mengekspresikan perasaan serta berbagi pengalaman melalui penulisan jurnal harian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |