Suryani (2005) Efektifitas pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan <BR>dengan menggunakan bantuan bahan manipulatif studi pada <BR>siswa kelas IV SDN Bumiayu I Kecamatan Kedungkandang Kota <BR>Malang / oleh Suryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pokok bahasan pecahan merupakan suatu hal yang abstrak bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika dengan menggunakan bantuan bahan manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada SDN Bumiayu I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangim eksperimen dimana kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan bantuan bahan manipulatifdan kelas kontrol diajar dengan menggunakan metode cer rmah tanya jawab dan pemberian tugas. Populasinya adalah siswa SDN Bumiayu I dan SDN. Bumiayu II kelas IV tahun ajaran 2002-2003 dan tehnik pengambilan sampel diambil seluruhnya dalam satu kelas sejumlah 40 siswa. Dari hasil pengujian homogenitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak ada perbedaan yang jauh sehingga dapat dikatakan seimbang maka layak untuk dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis uji-t beda pos test dan pre test. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan bantuan bahan manipulatif dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada matematika kelas IV pokok bahasan pecahan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar sisw4 pada taraf signifrkan 0 5%od imana t niton)e t tat r 224 200 35.P embelajaranin i lebih efektif untuk pemahaman konsep pecahan dengan peningkatan I1 2. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran Matematika pokok bahasan pecahan lebih efektifjika menggunakan bantuan bahan manipulatif khususnya dalam pemahaman konsep. Sebaiknya dalam pelaksan umnya perlu di beri waktu yang panjang agar siswa dapat mengaplikasikan dalam hitungan abstrak. Mengingat siswa sekolah dasar pada umunnya berusia I I sampai 12 tahun maka dalam membelajarkan hitungan abstrak perlu mempertimbangkan alat bantu yang konkrit dan menyenangkan. Alat bantu yang menyenangkan dapat diperoleh siswa dengan mudah dan berwama wami agar menarik dan disenangi siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai altematif bagi guru dalam memilih alat bantu mengajar kususnya pada matematika pokok bahasan pecahan. Bagi para pengembang hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan dalam mengalokasikan waktu dalam penyusunan progftlm pengajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Nov 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/105059 |
Actions (login required)
View Item |