Purana, Maria (2010) Pengembangan media pembelajaran congklak dengan metode team game turnament (TGT) pada pembelajaran IPS kelas IV semester genap SDN Medowo III Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri / Maria Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan media congklak metode TGT IPS. Pendidikan di Indonesia merupakan salah satu bidang kajian yang menjadi sorotan atau perhatian banyak orang hal ini dikarenakan pendidikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Demikian pula dengan masa depan pembelajaran yang merupakan bagian dari pendidikan yang selalu mengalami perubahan dan penyempurnaan terutama dalam hal penggunaan pendekatan strategi metode media dan sumber belajar lain yang dipakai dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik. Pengembangan media pembelajaran congklak dengan metode Team Game Tournament (TGT) yang dikembangkan di SDN Medowo III ini didasarkan pada penggunaan metode dan media pembelajaran disekolah tersebut yang masih terbatas dan kurang bervariasi sehingga dibutuhkan penggunaan metode dan media pembelajaran yang memudahkan guru dalam melaksanakan proses pengajaran dikelas dan dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat. Penerapan pembelajaran IPS yang lebih mengutamakan unsur kerjasama dan interaksi antar kelompok sosial membutuhkan penggunaan metode dan media yang dapat menerapkan konsep-konsep dalam pembelajaran IPS secara tepat. Sehingga diharapkan dengan pengembangan media pembelajaran congklak yang sudah familiar dimainkan anak-anak yang digunakan secara berkelompok dengan metode TGT sesuai untuk penerapan materi pembelajaran IPS. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran congklak ini adalah dengan mengadaptasi model pengembangan menurut Sadiman. Dengan tahapan pengembangan sebagai berikut (1) Identifikasi kebutuhan (2) Analisis tujuan (3) Pengembangan materi (4) Pengembangan Alat Evaluasi (5) Produksi (6) Petunjuk Pemanfaatan (7) Validasi (8) Revisi. Berdasarkan hasil uji coba validasi diperoleh hasil pengolahan data yang telah memenuhi kriteria valid yaitu (1) ahli media 86 6% (2) ahli materi 90% (3) perseorangan 90% (4) siswa kelompok kecil 90% (5) uji coba lapangan 92 81%. Sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan atau keefektifan dapat dilihat pada data pengolahan hasil belajar siswa yang telah memenuhi SKM sebagai berikut (1) uji coba perseorangan 100% (2) uji coba kelompok kecil 80% (3) uji coba lapangan 81 25%. Kesimpulan tes hasil belajar yang telah dilakukan pada pengembangan media pembelajaran congklak dengan metode TGT ini adalah layak untuk digunakan. Saran yang di tujukan bagi guru mata pelajaran adalah untuk mempelajari petunjuk pemanfaatan dengan baik agar media dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sedangkan bagi pengembang berikutnya supaya mengembangkan media pembelajaran menjadi lebih baik lagi disesuaikan dengan materi yang dikembangkan karakteristik subyeknya dan tujuan yang ingin dicapai sehingga dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1050 |
Actions (login required)
View Item |