Fithriani, Ida Isna (2014) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan model TSTS pada siswa kelas V SDN Kebonsari 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Ida Isna Fithriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fithriani Ida Isna. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Model TSTS pada Siswa Kelas V SDN Kebonsari 2 Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi. Program Studi SI PGSD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutarno M.Pd. (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata kunci Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Model TSTS 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi di lapangan tepatnya di kelas V SDN Kebonsari 2 Kecamatan Sukun Kota Malang pada pembelajaran PKn ditemukan beberapa permasalahan diantaranya banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru beberapa siswa keluar kelas dengan alasan izin ke kamar kecil siswa pasif dalam menjawab pertanyaan dan hasil evaluasi siswa rata-rata masih dibawah KKM yaitu 66 dari KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Beberapa permasalahan ini diduga karena metode yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional dan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan model TSTS (2) Penggunaan model TSTS dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan (3) Penggunaan model TSTS dalam meningkatkan hasil belajar PKn materi perundang-undangan tingkat pusat dan daerah pada siswa kelas V SDN Kebonsari 2 Kecamatan Sukun Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model TSTS yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kebonsari 2 Kota Malang pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Instrumen yang digunakan adalah observasi tes tulis wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model TSTS berlangsung dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran TSTS yang dikemukakan oleh Lie. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model TSTS dapat meningkatkan keantusiasan belajar PKn siswa kelas V SDN Kebonsari 2. Sebelum dilaksanakan tindakan rata-rata skor siswa 66. Pada siklus 1 rata-rata skor siswa 69 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 81. (3) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model TSTS dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kebonsari 2. pada siklus 1 rata-rata skor siswa 69 dengan persentase ketuntasan belajar 75 % dan meningkat pada siklus 2 dengan rata-ata skor 74 dengan persentase 100%. 12288 12288 12288 12288 Pembahasan penelitian ini diperoleh bahwa pelaksanaan model TSTS berlangsung dengan baik dan dapat meningkatkan aktifitas juga hasil belajar siswa kelas 5 SDN Kebonsari 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penggunaan model TSTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kebonsari 2 Kota Malang khususnya pada materi Perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru kelas V SDN Kebonsari 2 Kota Malang menggunakan model TSTS dalam Pembelajaran PKn khususnya pada pokok bahasan yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104965 |
Actions (login required)
View Item |