Nirwana, Dian (2014) Penerapan strategi Direct Writing Activity (DWA) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Malang / Dian Nirwana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nirwana Dian. 2013. Penerapan Strategi Direct Writing Activity (DWA) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas V SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr.Muhana Gipayana M.Pd. 2) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Strategi Direct Writing Activity (DWA) Kemampuan Menulis SD. Penelitian awal di SDN Bareng 2 Kecamatan Klojen Kota Malang menemukan dalam pembelajaran menulis karangan perlu digunakan strategi Direct Writing Activity (DWA). Guru telah menggunakan strategi menulis terbimbing namun hasil yang didapatkan belum optimal. Penyebabnya berasal dari diri siswa lingkungan keluarga dan proses pembelajaran. DWA merupakan strategi yang fleksibel untuk menuntun siswa lebih bebas dan kreatif dalam menentukan topik jenis karangan dan isi karangan yang mereka buat. Berdasarkan hal tersebut maka penerapan strategi DWA perlu digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan penerapan strategi DWA untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN Bareng 2 (2) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN Bareng 2. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan siklus model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan penelitian yang dilakukan adalah perencanaan (planning) tindakan (acting) observasi (observing) refleksi (reflecting) dan dilanjutkan merevisi rencana (revising plan). Subyek penelitian merupakan siswa kelas V SDN Bareng 2 yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan tes.Analisis data menggunakan instrumen standar pengamatan pembelajaran dan standar penilaian hasil karangan. Standar proses pembelajaran mengamati kegiatan siswa menentukan topik menyusun kerangka menulis draf awal merevisi mengedit dan menulsi draf akhir. Penilaian hasil karangan mengacu pada kemampuan dalam aspek kebahasaan (penyusunan kalimat penggunaan huruf besar penggunaan tanda baca penulisan kata dan kesesuaian isi dengan judul). Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan langkah-langkah DWA berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan proses menulis hal ini terbukti dengan 97% siswa berhasil melakukan tahap-tahap menulis walaupun enam siswa masih kesulitan dalam melakukan proses menulis kerangka merevisi dan mengedit karangan (2) hasil pembelajaran menulis menunjukkan peningkatan terutama pada aspek kebahasaan peningkatan terbesar pada aspek ejaan (penggunaan huruf besar penggunaan tanda baca dan penulisan kata) hal ini dikarenakan siswa telah mengalami kegiatan revisi dan pengeditan. Guru dalam penerapan strategi DWA menjadi fasilitator dan pembimbing bagi siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104956 |
Actions (login required)
View Item |