Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing (talking chips) di kelas IV SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Yuni Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing (talking chips) di kelas IV SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Yuni Setyowati

Setyowati, Yuni (2014) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing (talking chips) di kelas IV SDN Bendogerit 2 Kota Blitar / Yuni Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setyowati Yuni. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) di Kelas IV SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Suwarti S.Pd M.Pd. Kata Kunci menulis narasi kooperatif kancing gemerincing sekolah dasar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang telah dilakukan siswa kelas IV SDN Bendogerit 2 mengalami kesulitan sehingga hasil belajar siswa pada keterampilan menulis narasi sangat rendah dengan rata-rata 64 78. Tingkat penguasaan kelas rata-rata dalam pemilihan kata 64 52 % kelengkapan kalimat hanya 67 79 % penggunaan ejaan hanya 57 44 % dan keruntutan cerita hanya 69 37 % dengan 11 siswa tuntas dan 12 siswa tidak tuntas. Karena itulah peneliti melakukan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing. Melalui penelitian ini dapat diketahui bagaimana penerapan pembelajaran menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing dan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa dengan menerapkan pembelajaran menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian dilakukan sesuai tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek peneliti berjumlah 23 siswa. Data yang diambil adalah data tentang hasil belajar siswa keterlaksanaan pembelajaran menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing kegiatan guru dalam mengajar dan respon siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi angket tes wawancara studi dokumenter dan catatan lapangan. Teknik analisa data dilakukan setelah pelaksanaan tindakan pada setiap siklus. Analisa data merupakan proses menyeleksi menyederhanakan memfokuskan mengabstraksikan dan mengorganisasi data secara sistematik dan rasional untuk menyusun jawaban terhadap tujuan penelitian. Untuk hasil belajar digunakan SKM sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa menulis narasi melalui model kooperatif tipe kancing gemerincing mengalami peningkatan dari hasil tes akhir diperoleh persentase ketuntasan belajar pada pra tindakan 47 82% dengan kategori sangat kurang siklus I 69 57% dengan kategori baik dan siklus II 100% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru mencoba menerapkan pembelajaran menulis narasi dengan model koooperatif tipe kancing gemerincing untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi sedangkan untuk peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan menerapkannya pada ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104898

Actions (login required)

View Item View Item