Pelaksanaan evaluasi model Tyler untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Mergosono 5 Kota Malang / Finti Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan evaluasi model Tyler untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Mergosono 5 Kota Malang / Finti Agustina

Agustina, Finti (2013) Pelaksanaan evaluasi model Tyler untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Mergosono 5 Kota Malang / Finti Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustina Finti. 2013. Pelaksanaan Evaluasi Model Tyler Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN Mergosono 5 Malang . Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Imam Nawawi M.Si. (II) Dra. Hj. Sri Sugiharti M.Pd. Kata kunci Aktivitas Hasil Belajar Evaluasi Model Tyler IPS SD 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran merupakan suatu bentuk program karena pembelajaran yang baik memerlukan perencanaan yang matang dan dalam pelaksanaannya melibatkan berbagai orang. Baik guru maupun siswa memiliki keterkaitan antara kegiatan pembelajaran yang satu dengan yang lain untuk mencapai kompetensi bidang studi. Dengan dilaksanakannya evaluasi pembelajaran model tyler diduga siswa akan lebih aktif penguasaan siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat akan meningkat dan lebih banyak siswa yang mencapai hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran model Tyler yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Mergosono 5 Malang pada materi kegiatan ekonomi masyarakat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis and Taggart dan dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi hasil tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012-2013 SDN Mergosono 5 Malang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi soal tes tulis dan dokumentasi. Sedangkan data yang dipaparkan dalam penelitian ini melalui tahap pelaksanaan evaluasi model Tyler yang meliputi fase pendahuluan atau eksplorasi fase pemusatan materi fase tantangan dan fase aplikasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dengan menggunakan evaluasi model Tyler dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV khususnya pada materi kegiatan ekonomi. Pada pengamatan aktivitas siswa didapatkan peningkatan siklus 1 rata-rata skor siswa 71 dan meningkat di siklus 2 sebesar 82. Untuk penilaian hasil belajar siswa pada siklus 1 rata-rata skor siswa 66 dengan presentase ketuntasan belajar 82 % dan meningkat pada siklus 2 menjadi 82 dengan presentase 100%. Dapat disimpulkan bahwa dengan melaksanakan evaluasi model Tyler dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada materi kegiatan ekonomi. Saran pada pelaksanaan evaluasi model Tyler dapat digunakan untuk mengembangkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV dengan melakukan pemusatan materi uji gagasan dan pengalaman belajar. Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian evaluasi model Tyler ini bisa digunakan pada mata pelajaran dan materi yang lain dengan permasalahan yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104862

Actions (login required)

View Item View Item