Penggunaan media film untuk meningkatkan keterampilan menyimak unsur-unsur cerita dalam cerita anak pada siswa kelas V SDN Penanggungan Kota Malang / Riki Wijayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media film untuk meningkatkan keterampilan menyimak unsur-unsur cerita dalam cerita anak pada siswa kelas V SDN Penanggungan Kota Malang / Riki Wijayanto

Wijayanto, Riki (2013) Penggunaan media film untuk meningkatkan keterampilan menyimak unsur-unsur cerita dalam cerita anak pada siswa kelas V SDN Penanggungan Kota Malang / Riki Wijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijayanto Riki. 2013. Penggunaan Media FilmUntukMeningkatkanKeterampilanMenyimakUnsur- UnsurCeritaDalamCeritaAnakPadaSiswaKelas V SDN Penangungan Kota Malang. Skripsi S1 Pendidikan Guru SekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. RatnaTriekaAgustina M.Pd (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata-kata kunci bahasa Indonesia menyimak cerita media film SD Observasipembelajaranbahasa Indonesia yang dilakukan di kelas V SDN Penanggungan Kota Malang tahunajaran 2013/2014terdapatbeberapakekurangan. Pembelajaran yang kurangmengaktifkansiswadantergantungpadabuku. Sebagaiakibatnyaminatsiswamenjadiberkurangdanberimbasjugapadahasilbelajarsi swa yang kurang optimal. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpelaksanaanpembelajaran menyimakceritadenganmenggunakan media filmdanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswadalammenyimakceritadenga nmenggunakan mediafilm berupa laptop sound system danproyektorpadasiswakelas V SDN Penanggungan Kota Malang. MetodePenelitian yang digunakanadalah PTK denganpendekatankualitatifdeskriptif. Langkahlangkahpenelitianberupaperencanaan pelaksanaandanobservasi refleksi danperbaikanperencanaan. Data yang diperolehberupahasiltes lembarobservasi wawancaradandokumentasi. Analisis data diawalidenganmengumpulkan data menyajikandanmendeskripsikan data kemudianmenarikkesimpulan. Selama proses pembelejarandenganmenyimakcerita siswalebihmemahamiisidaricerita yang merekasimak. Siswadapatmenemukanmasalahdankebenarandalamceritasertasiswajugamendapat kanhiburantersendiridaricerita yang diputarkan.Hasilpenelitian yang telahdilaksanakandenganmenggunakan media film berupa laptop sound system danproyektordalampembelajaranmenyimakceritadapatmeningkatkanminatsiswake las V dalammengikutikegiatanpembelajaran. Peningkatanhasilbelajardaritahappratindakan siklus I kesiklus II sebagaiberikut. Padatahappratindakan rata-rata nilaikelas 67 8denganpresentaseklasikal 36 1%. Tindakansiklus I mengalamipeningkatanmenjadi 78 3denganpresentaseklasikalsebesar 75%. Tindakansiklus II diperoleh rata-rata hasilbelajarsiswa 82denganpresentaseklasikalsebesar 88 8%. Darihasilpenelitiantersebut dapatdisimpulkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarbahasa Indonesia padasiswasetelahmenerapkanpembelajarandenganmenggunakan media film berupa laptop sound system danproyektor.Peningkatanjugaterjadipadaminatdanantusiasmesiswadalam mengikuti proses pembelajaranpadasetiap kali pertemuan.Berdasarkanpenelitianinidisarankanbagi guru untukterampildalammemanfaatkan media pembelajaran yang ada. Guru jugahendaknya guru memanfaatkan media yang bervariasi yang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104839

Actions (login required)

View Item View Item