Using scaffolding strategy to improve tenth graders' descriptive writing / Aam Arrahman Ikhramsyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Using scaffolding strategy to improve tenth graders' descriptive writing / Aam Arrahman Ikhramsyah

Ikhramsyah, Aam Arrahman (2019) Using scaffolding strategy to improve tenth graders' descriptive writing / Aam Arrahman Ikhramsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Ikhramsyah Aam Arrahman. 2018. Penggunaan Scaffolding Strategi untuk meningkatkan kemampuan kelas 10 dalam menulis teks deskripsi. Skripsi Sastra Inggris Fakultas sastra Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. M. Adnan Latief M.A (2) Nur Hayati S.Pd M. Ed. Kata kunci strategi scaffolding menulis essai deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis esai diskriptif menggunakan strategi scaffolding. Berdasarkan observasi yg telah dilakukan di salah satu sekolah di Mojokerto siswa masih bermasalah dalam menulis missal masalah grammar kurangnya kosakata dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar menulis. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan strategi pembelajaran yg sesuai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis essai deskriptif . oleh karena itu strategi scaffolding digunakan. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yg berisi 4 tahap perencanaan pelaksanaan pengumpulan data dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI IPA 1 MAN Mojosari. Terdapat 4 instrumen digunakan untuk mengumpulkan data Rubrik penilaian digunakan dalam menilai hasil kerja siswa sedangkan angket kuesioner lembar observasi dan catatan digunakan untuk mengumpukan data respon siswa terhadap penggunaan strategi scaffolding. Dalam penemuan ini ditemukan bahwa (1) 79% siswa di kelas mampu mencapai nilai diatas nilai minimal yaitu 75 dengan nilai rata-rata 80 yang mengidentifikasi bahwa penggunaan strategi scaffolding sudah sukses dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif (2) lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan strategi scaffolding dalam pembelajaran menulis yang mengindikasi bahwa siswa menikmati proses belajar dan mengajar (3) lebih dari 80% siswa aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran prosedur implementasi dalam pembejaran sebagai berikut (1) mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menulis (2) membuat siswa mengerti tentang scaffolding strategi (3) menyediakan siswa dengan model teks deskripsi yg baik (4) menjelaskan teks deskripsi berdasarkan fungsi unsur kebahasaan dan struktur teks (5) memberikan siswa pertanyaan pertanyaan dan graphic organizer untuk mempermudah siswa dalam mencari ide dalam menulis teks deskripsi dan (7) memberikan siswa kesempatan untuk memperbaiki tulisan mereka berdasarkan masukan dan komen dari peniliti agar tulisan mereka menjadi tulisan yang baik. Berdasarkan keberhasilan penelitian ini guru bahasa inggris disarankan untuk menggunakan strategi scaffolding dalam pembelajaran menulis untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Bagi para peniliti vii selajutanya disarankan untuk menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10482

Actions (login required)

View Item View Item