Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan model project based learning siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Rian Kusumaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan model project based learning siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Rian Kusumaningrum

Kusumaningrum, Rian (2013) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan model project based learning siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Rian Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan menulis karangan deskripsi model Project Based Learning SD Keterampilan menulis diajarkan di SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Salah satu keterampilan menulis adalah menulis karangan deskripsi. Berdasarkan observasi awal pada siswa kelas IV SDN Karang Widoro ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran menulis antara lain (1) pembelajaran hanya menggunakan model yang konvensional dan kegiatan pembelajaran yang kurang inovatif (2) siswa kesulitan untuk berfikir kreatif dan menuangkan ide gagasan pikiran ke dalam bentuk tulisan (3) siswa kurang menguasai materi tentang penggunaan ejaan yang baik dan benar. Oleh karena itu diperlukan proses pembelajaran yang dapat menciptakan situasi pembelajaran yang bervariasi dan meningkatkan aktivitas siswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi salah satunya dengan menggunakan model Project Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02 (2) mendeskripsika peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02 dilihat dari isi karangan pengorganisasian karangan pilihan kata (diksi) tata bahasa dan mekanika penulisan dengan model Project Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).Pada penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN Karang Widoro 02 dengan jumlah 13 siswa.Data diperoleh dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran menulis karangan deskripsi berdasarkan (1) observasi (2) hasil tes awal dan tes saat tindakan (3) angket siswa dan (4) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis karanga deskripsi dengan memperhatikan ejaan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah di terapkan model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II. Pada pelaksanaan pratindakan hasil yang didapat yaitu 38.5% sedangkan pada pelaksanaan siklus I hasil yang didapat meningkat yaitu 61 57% dan pada saat pelaksanaan siklus II hasil yang didapat semakin meningkat yaitu 84 61%. Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman isi bacaan siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02 Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104782

Actions (login required)

View Item View Item