Santoesa, Dewi Noria (2013) Peningkatan kemampuan memahami isi bacaan melalui model Read, Encode, Annotate, Ponder (REAP) siswa kelas IV SDN Karang Widoro 02 Kabupaten Malang / Dewi Noria Santoesa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pemahamanisibacaan model pembelajaranRead Encode Annotate Ponder (REAP) SD. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Karang Widoro 02 Kabupaten Malang ditemukan beberapa masalah yaitu (1) kurangnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan dan (2) kurangnya kemampuan siswa dalam merespon isi teks berdasarkan pengetahuan siswa dengan menggunakan bahasa mereka sendiri. Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanalternatifpembelajaran yang mampumeningkatkanpenguasaanataukemampuansiswa.Salah satualternatif yang dapatdigunakanyaitumenerapkan model pembelajaranRead Encode Annotate Ponder (REAP)untukmeningkatkanisibacaan. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanyaitu (1) penerapan model pembelajaranRead Encode Annotate Ponder (REAP)untukmeningkatkankemampuansiswadalammemahamiisibacaan dan (2) peningkatanpemahamanisibacaansetelahmenerapkan model pembelajaranRead Encode Annotate Ponder (REAP) di kelas IV.Desainpenelitian yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK).Penelitiandilaksanakansebanyak 2 siklusdansetiapsiklusterdiridari 1 kali pertemuan.Masing-masingsiklusterdiridari 4 tahapyaitu (1) planning (2) acting observing (3) reflecting dan (4) revisi plan.Subjekpenelitianyaitusiswakelas IV SDN KarangWidoro 02 Kabupaten Malang denganjumlah 13 siswa. Berdasarkananalisis data hasilpenelitiansetelahditerapkan model Read Encode Annotate Ponder (REAP)untukmemahamiisibacaandapatdiketahuibahwabanyaksiswa yang telahmengalamipeningkatandaripratindakansampaisiklus II. Padapelaksanaanpratindakanhasil yang didapatyaitu 38.5% sedangkanpadapelaksanaansiklus I hasil yang didapatmeningkatyaitu 76.9% danpadasaatpelaksanaansiklus II hasil yang didapatsemakinmeningkatyaitu 92.3%. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa model Read Encode Annotate Ponder (REAP)terbuktidapatmeningkatkankemampuansiswadalammemahamiisibacaandanmenceritakankembaliisibacaansecaratertulisdenganmenggunakanbahasamerekasendiri. Saran yang dapatdiberikanolehpenelitidalamupayameningkatkanmutupendidikan di SD yaituuntukKepalaSekolah agar memotivasi guru untukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajardenganmenerapkan modelpembelajaranREAP. Untuk guru sebaiknyamenerapkan model pembelajaran yang inovatifdanbervariasi agar aktivitasdanhasilbelajarsiswameningkat. Untukpenelitiselanjutnyasebaiknyaanotasilebihdimunculkandalampembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |