Analisis kesalahan kalimat efektif dalam karangan cerita pendek siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang / Ida Irmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan kalimat efektif dalam karangan cerita pendek siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang / Ida Irmawati

Irmawati, Ida (2013) Analisis kesalahan kalimat efektif dalam karangan cerita pendek siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang / Ida Irmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kalimat Efektif Karangan Cerita Pendek SD Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional peserta didik. Bahasa juga merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan dapat membantu siswa dalam mengemukakan gagasan dan perasaan berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitif dan imajinatif yang ada dalam dirinya.Menulis juga dapat diartikan sebagai ungkapan ayau ekspresi persaan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Kalimat dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan gagasan persaan maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud pembicara atau penulis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menulis karangan cerita pendek pada ciri kalimat efektif kesepadanan kehematan kecermatan di kelas IV SDN gugus II Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Penelitian ini difokuskan mengenai kesalahan-kesalahan siswa dalam menulis kalimat efektif pada ciri kesepadanan kehematan dan kecermatan di kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti bertindak sebagai perencana pengambil data maupun pelapor. Penelitian ini dilakukan di SDN Gugus 2 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang yaitu SDN Jabung 03 SDN Kemantren 03 SDN Gunungjati 01 SDN Gunungjati 03 SDN Gunungjati 04 dengan jumlah sampel sebanyak 27 siswa. Sedangkan waktu penelitian dilakukan pada Januari-April 2013. Sumber data pada penelitian ini adalah karangan siswa kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif yang dituangkan dalam bentuk naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan penulisan kalimat efektif pada ciri kesepadanan kehematan dan kecermatan. Pada temuan penelitian terdapat kesalahan pada ciri kesepadanan sebanyak 363 atau sekitar 72 74% dengan kategori (kurang sekali) pada ciri kehematan sebanyak 49 atau sekitar 9 81 % dengan kategori (baik) pada ciri kecermatan sebanyak 87 atau sekitar 17 43 % dengan kategori (kurang). Hendaknya penelitian ini dapat menjadi informasi mengenai kesalahan penulisan kalimat efektif. Untuk melatih anak terampil menulis diperlukan keteladanan menulis dari guru. Hendaknya guru ketika menulis dipapan tulis menggunakan EYD sehingga dapat dicontoh muridnya. Para peneliti lanjutan disarankan untuk melakukan penelitian kesalahan penulisan kalimat efektif pada ciri berikutnya sehingga nantinya penulisan kalimat efektif pada bahasa tulis siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104773

Actions (login required)

View Item View Item