Peningkatan kualitas dan hasil belajar melalui pembelajaran tematik siswa kelas I SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Arum Victoria - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas dan hasil belajar melalui pembelajaran tematik siswa kelas I SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Arum Victoria

Victoria, Arum (2013) Peningkatan kualitas dan hasil belajar melalui pembelajaran tematik siswa kelas I SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Arum Victoria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kualitas belajar hasil belajar tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pembelajaran tematik di kelas I SDN Jatimulyo 5 yang relatif rendah. Penyerapan materipun masih belum optimal dan nilai rata-rata kelas masih rendah karena banyak siswa yang mendapat nilai di bawah standar nilai ketuntasan yang ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu siswa mendapat skor minimal 70. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kualitas penerapan pembelajaran tematik pada siswa kelas I SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (2) mendeskripsikan peningkatan kualitas belajar setelah penerapan pembelajaran tematik di Kelas I SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar setelah penerapan pembelajaran tematik di Kelas I SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dan siklus kedua masing-masing dilaksanakan selama dua hari. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan jumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi dokumentasi wawancara dan tes. Hasil penelitian pembelajaran tematik tema lingkungan ini dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Jatimulyo 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Untuk kualitas belajar yang berupa aktivitas siswa meningkat sebesar 27 47% dari siklus I ke siklus II. Sedangkan hasil belajar dapat meningkat dari 76 2 pada siklus I menjadi 91 73 pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sudah mencapai standar ketuntasan belajar minimal yaitu 70 sehingga penelitian dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran tematik di sekolah. Bagi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran serta dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari. Bagi peneliti selanjutnya dapat memberikan informasi dan bahan masukan untuk kepentingan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104764

Actions (login required)

View Item View Item