Sari, Riski Novita (2013) Penggunaan media manik "POS NEG" untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Tanjungsekar 1 Malang / Riski Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci media aktivitas hasil belajar matematika SD Hasil pre tes menunjukkan bahwa 66 67% siswa belum mampu mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan baik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk membantu kesulitan yang dialami siswa yaitu dengan menggunakan media konkret berupa media manik pos neg yang dapat dimanipulasi secara langsung oleh siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penggunaan media manik pos neg untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Tunjungsekar 1 Malang (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan media manik pos neg dan (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan media manik pos neg . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVC SDN Tunjungsekar 1 Malang semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi aktivitas guru dan siswa pedoman wawancara soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang tuntas belajar pada pre tes 33 33% meningkat menjadi 40% pada siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media manik pos neg dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penggunaan media manik pos neg juga meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika. Oleh karena itu disarankan bagi guru hendaknya dalam mempersiapkan pembelajaran mempertimbangkan tahapan perkembangan berpikir siswa yaitu enaktif ikonik dan simbolik. Bagi pihak sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran matematika yang memadai guna mempermudah guru dalam membantu belajar siswa. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis hendaknya menggembangkan media pembelajaran lain untuk materi di jenjang berikutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |