Adi, Septina Wahyu (2013) Penerapan pendidikan karakter di kelas V semester II SDN Jerukgulung 2 Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun / Septina Wahyu Adi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pendidikan Karakter Pembelajaran PKn Sekolah Dasar. Pendidikan karakter adalah sebuah usaha mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kurun waktu terakhir tidak jarang kita menemukan anak yang tidak lagi memiliki sopan santun terhadap orang yang lebih tua. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai pendidikan karakter. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn. 2) kendala yang dihadapi dalam menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn kelas 5 semester 2 di SDN Jerukgulung 2 Kec. Balerejo Kab. Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian yang diperoleh berupa paparan penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn yang meliputi tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi serta dokumentasi yang berupa foto dan menganalisis dokumen/arsip sekolah. Instrument yang digunakan meliputi pedoman wawancara untuk kepala sekolah dan guru lembar observasi serta catatan lapangan. Peneliti bertindak sebagai key instrumen (peneliti utama). Untuk menjaga keabsahan data peneliti melakukan triangulasi yaitu membandingkan data hasil wawancara dengan hasil observasi di lapangan dan data dokumen/arsip sekolah. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengorganisasian pengklasifikasian dan penginterpretasian data. Data yang peroleh selama penelitian berupa 1) gambaran umum SDN Jerukgulung 2 yang meliputi sejarah berdiri tujuan sarana dan prasarana kesiswaan dan kepegawaian. 2) penerapan pendidikan karakter. 3) kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan hasil penelitian yaitu 1) Penerapan pendidikan karakter dilaksanakan dengan menanamkan nilai karakter dalam kegaiatan pembelajaran. 2) Kendala yang dihadapi dapat digolongkan menjadi 2 yaitu faktor internal (keterbatasan waktu guru untuk menyusun silabus dan RPP) dan faktor eksternal (pengaruh lingkungan yang kurang mendukung penanaman nilai karakter pada siswa). Diperlukan pertemuan antara pihak sekolah dan orangtua untuk menyamakan persepsi mengenai penanaman nilai karakter pada anak. Dengan adanya kerjasama yang baik maka penanaman nilai karakter pada anak akan berjalan dengan maksimal dan terbuka jalan yang lebih lebar untuk menuju masyarakat Indonesia yang berkarakter dan bermartabat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |