Penerapan pembelajaran model mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Sumberjo 3 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang / Desi Ratna Triwulan Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Sumberjo 3 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang / Desi Ratna Triwulan Sari

Sari, Desi Ratna Triwulan (2013) Penerapan pembelajaran model mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Sumberjo 3 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang / Desi Ratna Triwulan Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Mind Mapping Aktivitas Hasil Belajar IPS. Latar belakang penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS rendah sehingga rata-rata hasil belajar IPS hanya mencapai 46 8. Nilai tersebut masih dibawah KKM mata pelajaran IPS yang ditetapkan yaitu sebesar 65. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Mind Mappinguntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peningkatan aktivitassiswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan pembelajaran model Mind Mapping dan peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran modelMind Mappingpada siswa kelas V SDN Sumberjo 3. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas dan rancangan penelitian dilakukan bersiklus dengan tahapan dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumberjo 3 Kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang pada semester II tahun pelajaran 2012/2013 dengan subyek berjumlah 11 siswa selama II siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat dilakukan dengan baik hal ini dapat dilihat dari semua langkah-langkah model Mind Mappingtelah dilakukan oleh guru.Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I mencapai persentase ketuntasan klasikal sebesar 27% meningkat pada siklus I pertemuan II dengan persentase ketuntasan klasikal 54% dan meningkat lagi pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 91%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan I terdapat 5 siswa yang tuntas belajar dan pada siklus I pertemuan II meningkat yaitu terdapat 8 siswa yang tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu terdapat 11 siswa yang tuntas belajar. Kesimpulan penelitian ini yaitu secara keseluruhan model pembelajaran Mind Mapping telah berhasil dilaksanakan penerapan pembelajaran model MindMapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Disarankan bagi guru yang ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dapat menerapkanmodel pembelajaranMind Mapping. Bagi pihak sekolah disarankan untuk memberikan fasilitas yang mendukung pembelajaran dan model pembelajaran Mind Mapping kepada guru. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengadakan penelitian dengan topik yang sama namun sub yang berbeda disarankan untuk mencoba meneliti penerapan model Mind Mapping dalam upaya untuk meningkatkan aspek afektif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104708

Actions (login required)

View Item View Item