Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran jigsaw di kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar / Ridolof Kailey - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran jigsaw di kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar / Ridolof Kailey

Kailey, Ridolof (2013) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran jigsaw di kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar / Ridolof Kailey. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan hasil belajar ips pembelajaran kooperatif jigsaw Berdasarkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar masih banyak yang memperoleh nilai dibawah KKM yaitu dari 30 siswa ada 22 siswa yang nilainya belum dapat mencapai KKM Hal ini dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga pembelajaran membosankan bagi siswa. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar. 2) mendeskripsikan apakah hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar dapat meningkat dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitataif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penilitian tindakan (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penilitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahap sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Turi 01yang ditunjukan dengan rata-rata hasil belajar pada pratindakan 62 siklus I 70 dan siklus II 86. Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 43% siklus I sebesar 60%. Dan siklus II 83% aktivitas siswa sudah meningkat dari siklus I 60% Siklus II 97% Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Turi 01 Kota Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapakannya model pembelajaran Jigsaw tidak hanya di kelas IV tetapi juga tisetiap kelas serta menerapkan pada semua mata pelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104664

Actions (login required)

View Item View Item