Djondjonler, Albina (2013) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bendo 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar / Albina Djondjonler. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model pembelajaran think-pair-share pembelajaran IPA Hasil Belajar Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Bendo 2 yang menunjukan bahwa 1) kegiatan pembelajaran dilakukan menggunkaan model konvensional 2) siswa kurang aktif dalam pembelajaran yaitu hanya mendengarkan ceramah guru 3) siswa belum diberi kesempatan untuk bertanya atau melakukan aktifitas ketika pembelajaran berlangsung dan 4) siswa terus dikekang untuk mengikuti semua aturan guru sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan model pembelajaran think-pair-share pada tiap siklus di kelas V SDN Bendo 2 2) peningkatan hasil belajar IPA Pada siswa kelas V SDN Bendo 2 dengan menggunakan model pembelajaran think-pair-share pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu pratindakan siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V sebanyak 27 siswa yaitu 12 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dokumentasi wawancara Tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajran think-pair-share dalam pembelajaran IPA mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor hasil belajar siswa. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada tahap pratindakan sebesar 25 18 dengan kualifikasi sangat kurang (SK) siklus I sebesar 85 60 dengn kualifikasi baik (SB) dan dengan nilai huruf (A) dan siklus II sebesar 86 44 dengan kualifikasi baik (SB) dengan nilai huruf (A). Model pembelajaran think-pair-share dapat diterapkan pada siklus I dan siklus II yang mencapai rata-rata skor antara 100%. Pemerolehan skor ini menunjukan bahwa semua tahapan model pembelajaran think-pair-share dapat dilakukan guru. Simpulan dari penelitian ini adalah dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang studi IPA dengan materi penyesuaian diri makaluk hidup terhadap lingkungan dan perubahan sifat benda sementara dan tetap. Melihat keberhasilan penelitian ini disarankan pada guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan model think-pair-share agar hasil belajar siswa meningkat dengan baik. Selain itu guru harus memperhatikan karakteristik siswa itu sendiri ketika melakukan kegiatan pembelajaran. Jika hal ini dilakuakan guru maka hasil belajar siswa dapat meningkat dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |