Fowoor, Nur Aini (2013) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar / Nur Aini Fowoor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hasil belajar PKn sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas IV pada waktu pembelajaran PKn terdapat (1) guru menggunakan metode ceramah yang dominan sehingga siswa kurang aktif (2) siswa kurang berkonsentrasi dalam belajar terbukti pada waktu pembelajaran ada yang bermain sendiri mengantuk pada saat guru menjelaskan materi (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran (4) suasana belajar kurang menyenangkan terlihat siswa malas mengikuti pembelajaran (5) selama pembelajaran siswa tidak belajar secara berkelompok melainkan belajar secara individu sehingga tidak ada diskusi (6) hasil belajar yang diperoleh yaitu nilai 8804 70 ada 23 siswa dan nilai 8805 ada 14 siswa. Pada pembelajaran PKn KKM yang ditentukan yaitu 70. Ada 23 siswa dari jumlah keseluruhan 37 siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM sehingga mereka belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN Turi 02 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumennya terdiri dari lembar observasi lembar wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan baik terlihat kenaikan disetiap siklus. Hasil nilai akhir siswa pada pra tindakan mencapai 63% siklus I pertemuan 1 mencapai 69 51% dan pertemuan 2 mencapai 75 35%. Pada siklus II pertemuan 1 mencapai 79% dan pertemuan 2 mencapi 83 16%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model koopertif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104640 |
Actions (login required)
View Item |