Peningkatan hasil belajar bangun datar melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN Birowo 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Reswita Dwi Prastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar bangun datar melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN Birowo 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Reswita Dwi Prastuti

Prastuti, Reswita Dwi (2012) Peningkatan hasil belajar bangun datar melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN Birowo 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Reswita Dwi Prastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar bangun datar model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas II SDN Birowo 02 proses pembelajaran matematika tentang bangun datar adalah kurangnya aktifitas siswa selama pembelajaran guru hanya memberikan ceramah mengenai materi dan siswa hanya duduk mendengarkan saja tidak digunakannya benda konkret sebagai media pembelajaran sehingga siswa tidak melakukan aktifitas belajar matematika untuk menemukan pengetahuannya sendiri serta guru tidak runtut dalam penyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran bangun datar melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi bangun datar di kelas II SDN Birowo 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisa yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran bangun datar di kelas II SDN Birowo 02 dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan adalah 55 siklus I adalah 60 93 dan siklus II adalah 69 09. Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 25% siklus I sebesar 37 5 % dan siklus II sebesar 93 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar siswa kelas II SDN Birowo 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104632

Actions (login required)

View Item View Item