Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui gambar seri pada siswa kelas III SDN Turi 01 Kota Blitar / Marlenci Ngaibawar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui gambar seri pada siswa kelas III SDN Turi 01 Kota Blitar / Marlenci Ngaibawar

Ngaibawar, Marlenci (2012) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui gambar seri pada siswa kelas III SDN Turi 01 Kota Blitar / Marlenci Ngaibawar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis deskripsi gambar seri sekolag dasar. Pembelajaran menulis deskripsi kelas III SDN Turi 01 Kota Blitar masih berpusat pada guru dengan mengunakan metode ceramah tentang materi menulis deskripsi dan tidak ada media yang mendukung dan sesuai materi yang ada. Hal ini menjadi menjadi faktor kemampuan menulis deskripsi siswa menjadi rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan 1)Pelaksanaan keterampilan menulis deskripsi melalui gambar seri pada siswa kelas III SDN Turi 01 Kota Blitar 2) Meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Turi 01 Kota Blitar Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan deskripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi Hasil penelitian ini menunjuhkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi melalui gambara seri dapat meningkatkan hasil menulis deskripsi siswa kelas III SDN Turi 01 Kota Blitar yang ditunjukan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 58 siklus 1 68 dan siklus II 92. Ketunyasan belajar pada pratindakan sebesar 28% siklus 1 sebesar 71% dan siklus II 100%. Nilai aktivitas siswa pada waktu pembelajaran juga meningkat nilai rata-rata ketuntasan pada siklus 1 sebesar 68% dan siklus II 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menulis deskripsi melalui gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi siswa serta meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas III SDN Turi 01 Kota Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan gambar seri sebagai media pembelajaran menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104628

Actions (login required)

View Item View Item