Maslukhotin, Zeni Farida (2012) Meningkatkan hasil belajar PKn melalui media gambar ilustrasi cerita bagi siswa kelas V SDN Sumbersari 05 Kabupaten Blitar / Zeni Farida Maslukhotin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Farida. M Zeni. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Melalui Media Gambar Ilustrasi Cerita bagi Siswa Kelas V SDN Sumberasri 05 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suminah S.Pd M.Pd (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd. Kata kunci meningkatkan hasil belajar media gambar ilustrasi cerita. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas V pada pembelajaran PKn dengan materi mendeskripsikan peraturan perundang-undangan adalah sebagai berikut (1) guru masih menggunakan pembelajaran konvensional (2) materi disampaikan secara ceramah (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran (4) guru tidak membimbing siswa ketika mengerjakan tugas (5) siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran (6) siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru (7) hasil belajar siswa yang kurang memuaskan karena dari jumlah 19 siswa yang tuntas hanya 4 siswa sedangkan sisanya 15 siswa masih belum tuntas. Materi dalam pembelajaran PKn hendaknya dikondisikan dapat menanamkan nilai dan moral pada siswa. Penanaman nilai dan moral tersebut mengharuskan guru untuk melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan juga bermakna bagi siswa sehingga kelak siswa mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar ilustrasi cerita dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumberasri 05 kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi tes wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara bertahap pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 71 dengan persentase ketuntasan 58%. Sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 80 dengan persentase ketuntasan 89%. Rekapitulasi akhir hasil belajar siswa adalah mencapai 76. Dari 19 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sejumlah 17 siswa (89%) dan 2 siswa (11%) memperoleh nilai di bawah KKM. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar ilustrasi cerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru senantiasa memperhatikan aktivitas siswa di setiap pelajaran serta meningkatkan kualitas dan kinerjanya dengan menambah pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran yang baru. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |