Peningkatan hasil belajar matematika melalui model siklus pembelajaran 5E pada siswa kelas IV SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar / Endah Daroini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model siklus pembelajaran 5E pada siswa kelas IV SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar / Endah Daroini

Daroini, Endah (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model siklus pembelajaran 5E pada siswa kelas IV SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar / Endah Daroini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perkalian dan pembagian peningkatan hasil belajar siklus belajar 5E Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin memajukan daya pikir manusia. Observasi awal di kelas IV SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar pada pembelajaran matematika tentang perkalian dan pembagian belum memenuhi harapan karena 13 dari 20 siswa belum mencapai KKM. Penyebabnya adalah sis-wa belum memahami konsep perkalian dan pembagian. Selain itu guru menyampai-kan materi dengan metode ceramah pemberian tugas. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan perbaikan mengenai pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian melalui model siklus belajar 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembe-lajaran matematika dengan menggunakan model siklus belajar 5E siswa kelas IV SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar dan (2) Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model siklus belajar 5E di SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Data diperoleh dari aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan instrumennya berupa lembar observasi lembar tes dan kamera digital. Model penelitian ini adalah kolaboratif maksudnya yaitu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas IV sebagai observer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian melalui model siklus belajar 5E dapat meningkat-kan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar. Hal itu dapat dibuktikan dengan skor rata-rata hasil belajar pada pra tindakan 48 4% siklus I 65 65% dan siklus II 79 7% . Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 35% siklus I sebesar 60% dan siklus II 90%. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan yaitu bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Ponggok 04 Kabupaten Blitar dengan menggunakan model siklus belajar 5E dapat meningkat. Terjadi peningkatan skor rata-rata sebesar 17 25% dari pra tindakan ke siklus I dan 14 05% dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ketuntasan klasikal siswa dari pra tindakan menuju siklus I sebesar 35%. Sedangakan dari Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan sebesar 30%. Saran diberikan kepada guru yaitu untuk 1) melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa untuk membangun pengetahuan sendiri tentang suatu materi sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa dapat lebih bermakna 2) mencoba menggunakan model pembelajaran siklus belajar 5E sebagai salah satu pertimbangan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104611

Actions (login required)

View Item View Item