Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung dengan metode latihan (Drill) di kelas II SDN Dukuhmojo II Kabupaten Jombang / Selfia Norafika - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung dengan metode latihan (Drill) di kelas II SDN Dukuhmojo II Kabupaten Jombang / Selfia Norafika

Norafika, Selfia (2012) Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung dengan metode latihan (Drill) di kelas II SDN Dukuhmojo II Kabupaten Jombang / Selfia Norafika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis tegak bersambung metode latihan (drill) Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas II pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi menulis tegak bersambung adalah sebagai berikut (1) guru menilai tulisan siswa tidak menggunakan kriteria penilaian yang jelas (2) tidak membenarkan tulisan siswa yang salah (3) kurang memberikan penjelasan mengenai cara menulis tegak bersambung yang benar (4) banyak siswa yang berbicara sendiri pada saat guru menjelaskan (5) mengganggu temannya sampai ada yang menangis dan (6) memegang mainan di dalam kelas. Keterampilan menulis tegak bersambung merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dan penting dikuasai siswa karena berguna pada jenjang berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode latihan (drill) dan meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN Dukuhmojo II kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK)dengan model Kemmis dan Taggart. PTK termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang di kumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi tes wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung secara bertahap pada siklus I pertemuan 1 sebesar 5 % siklus I pertemuan II sebesar 52 % dan siklus sebesar 90%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan (drill) pada pelajaran menulis tegak bersambung dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru senantiasa memperhatikan keterampilan menulis tegak bersambung siswa di setiap pelajaran. Guru juga harus meningkatkan kinerjanya dan pengetahuannya tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa dan memadukannya dengan model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran. Hal tersebut sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104610

Actions (login required)

View Item View Item