Perbedaan persepsi siswa sekolah dasar tentang pembelajaran guru berlatar pendidikan PGSD dan guru berlatar belakang Non PGSD se Gugus Sekolah III Kec. Lowokwaru Kota Malang / Miftachul Chasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan persepsi siswa sekolah dasar tentang pembelajaran guru berlatar pendidikan PGSD dan guru berlatar belakang Non PGSD se Gugus Sekolah III Kec. Lowokwaru Kota Malang / Miftachul Chasanah

Chasanah, Miftachul (2012) Perbedaan persepsi siswa sekolah dasar tentang pembelajaran guru berlatar pendidikan PGSD dan guru berlatar belakang Non PGSD se Gugus Sekolah III Kec. Lowokwaru Kota Malang / Miftachul Chasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi pembelajaran guru latar pendidikan PGSD dan non PGSD Guru berpendidikan PGSD berkompeten untuk menyelenggarakan pembelajaran bagi siswa SD. Guru berlatar pendidikan PGSD memperoleh matakuliah yang dibagi menjadi 6 komponen program kurikulum S1 PGSD. Kesemua matakuliah dan kemampuan yang dimiliki oleh individu yang berlatar pendidikan PGSD berhubungan dengan ke-SD-an. Berdasarkan data latar pendidikan guru SD se-kecamatan Lowokwaru diperoleh data lebih banyak guru berlatar pendidikan non PGSD yang memegang kendali pembelajaran di Sekolah Dasar daripada guru berlatar pendidikan PGSD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparasi dengan metode survai pada siswa yang diajar oleh guru berlatar pendidikan PGSD dan berlatar pendidikan non PGSD dalam satu kelas di gugus sekolah III Kec. Lowokwaru Kota Malang sejumlah 145 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dan diambil sampel 50% dari populasi sejumlah 73 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil perhitungan dengan menggunakan Independent Sample Test diketahui bahwa nilai probabilitas persepsi siswa tentang (1) pemahaman terhadap siswa SD 0 227 (2) penguasaan mata pelajaran SD 0 313 (3) penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik 0 121 (4) pengembangan kemampuan profesional 0 146 (5) pembelajaran total 0 034. Hasil perhitungan pada keempat variabel menunjukkan nilai probabilitas 8805 0 05 artinya tidak ada perbedaan persepsi siswa tentang kemampuan guru berlatar pendidikan PGSD dan non PGSD. Sedangkan perhitungan pada pembelajaran total nilai probabilitas 0 05 artinya ada perbedaan persepsi siswa tentang pembelajaran total antara guru berlatar pendidikan PGSD dan non PGSD. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran guru berlatar pendidikan PGSD baik persepsi siswa tentang pembelajaran guru berlatar pendidikan non PGSD tidak sebaik persepsi siswa tentang pembelajaran guru berlatar pendidikan PGSD dan terdapat perbedaan persepsi siswa tentang pembelajaran guru berlatar pendidikan PGSD dan non PGSD. Maka saran yang dapat diberikan (1) guru berlatar pendidikan PGSD perlu meningkatkan kemampuannya dalam mengendalikan pembelajaran siswa SD (2) guru berlatar pendidikan non PGSD dapat bertukar pendapat dengan guru berlatar pendidikan PGSD dalam mengendalikan pembelajaran siswa SD (3) sekolah dapat pengupayakan diadakannya pelatihan bagi guru non PGSD guna meningkatkan kemampuannya dalam mengendalikan pembelajaran siswa SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104598

Actions (login required)

View Item View Item