Peningkatan hasil belajar matematika kelas V dengan model reciprocal teaching di SDN Sidodadi 05 Kabupaten Blitar / Falentina Yussita Dwi Hatmaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika kelas V dengan model reciprocal teaching di SDN Sidodadi 05 Kabupaten Blitar / Falentina Yussita Dwi Hatmaningtyas

Hatmaningtyas, Falentina Yussita Dwi (2012) Peningkatan hasil belajar matematika kelas V dengan model reciprocal teaching di SDN Sidodadi 05 Kabupaten Blitar / Falentina Yussita Dwi Hatmaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar luas trapesium luas layang-layang reciprocal teaching Proses pembelajaran matematika di SDN Sidodadi 05 masih menggunakan model konvensional dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Selain itu hasil belajar siswa juga masih kurang memuaskan karena siswa masih belum menguasai materi dan siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu model inovatif yang dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran adalah model Reciprocal Teaching. Model ini menekankan pada pemahaman bacaan yang baik kemudian menyampaikan pemahamannya kepada pihak lain. Mengingat siswa kelas V sudah dapat membaca dan berlatih memahami bacaan maka modal ini perlu dikembangkan lebih lanjut dengan memberi kesempatan siswa aktif menemukan sendiri melalui kegiatan pemahaman bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika kelas V SDN Sidodadi 05 dengan menggunakan model Reciprocal Teaching dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika kelas V setelah menggunakan model Reciprocal Teaching.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sidodadi 05 Kabupaten Blitar semester I tahun pelajaran 2012/2013dengan jumlah l6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi catatan lapangan wawancara tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika dapat berjalan dengan baik.Persentase proses belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan model Reciprocal Teaching mengalami peningkatan pada siklus I persentase proses belajar siswa masih 53 13% dan pada siklus II dapat mencapai 88 54%. Selain itu persentase hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus 1 persentase hasil belajar siswa adalah 60 81% dan pada siklus II meningkat menjadi 72 71%. Simpulan dari penelitian tersebut adalah penerapan Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan persentase proses belajar dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sidodadi 05 pada meteri luas trapesium dan layang-layang. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menggunakan model Reciprocal Teaching sebagai altematif dalam pembelajaran matematika selanjutnya dan mencoba untuk mengembangkan model ini pada materi pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104570

Actions (login required)

View Item View Item