Pengembangan media monopoli edukatif untuk pembelajaran matematika materi bilangan bulat di kelas IV sekolah dasar / Novitaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monopoli edukatif untuk pembelajaran matematika materi bilangan bulat di kelas IV sekolah dasar / Novitaria

Novitaria (2012) Pengembangan media monopoli edukatif untuk pembelajaran matematika materi bilangan bulat di kelas IV sekolah dasar / Novitaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media monopoli edukatif matematika SD bilangan bulat. Pada anak usia SD tahap perkembangan kognitifnya adalah tahap berfikir konkrit. Hal ini sejalan dengan teori J. Piaget bahwa anak usia 7-11 tahun tahap perkembangan kognitifnya memasuki tahap ke-3 yaitu tahap operasional konkrit. Sehingga dalam proses pembelajaran guru harus bisa memberikan contoh-contoh konkrit seperti yang ada di lingkungan sekitar siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan media yang dapat membantu siswa dalam belajar terlebih untuk melatih kemampuan berfikir siswa. Media monopoli edukatif bilangan bulat merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang digunakan sebagai alternatif dalam melatih keterampilan siswa dalam menguasai soal-soal matematika bilangan bulat. Media ini dikembangkan berdasarkan permainan monopoli pada umumnya dengan beberapa modifikasi. Dalam media ini siswa belajar materi bilangan bulat melalui proses meloncat ke petak berdasarkan jumlah nilai yang ditunjukkan 2 buah dadu melakukan perintah kartu hoki mengerjakan soal-soal dalam kartu soal dan proses perhitungan skor. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media monopoli edukatif yang valid untuk pembelajaran matematika bilangan bulat pada siswa kelas IV Sekolah Dasar (2) mendeskripsikan hasil penerapan media monopoli edukatif yang efektif untuk pembelajaran matematika bilangan bulat pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D (four D model) (Thiagarajan dkk 1974) yang terdiri dari 4 tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define) tahap perancangan (design) tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Untuk meningkatkan kualitas media ini dilakukan kegiatan validasi terhadap dua orang ahli media dan satu orang calon pengguna. Pengumpulan data validasi dilakukan dengan menggunakan instrument lembar validasi. Selain itu juga dilakukan uji coba terbatas pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Digunakan juga instrument tes untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemanfaatan media monopoli edukatif. Hasil analisis validasi digunakan untuk merevisi media monopoli edukatif. Kegiatan uji coba kelompok kecil terhadap 5 siswa kelas IV SDN Kranggan 3 Ngajum menunjukkan bahwa siswa sangat senang sekali menggunakan media monopoli edukatif. Sedangkan hasil kegiatan uji coba lapangan yang dilakukan terhadap 14 siswa dalam satu kelas menunjukkan bahwa thit 9 06. Jika ii dibandingkan dengan nilai tabel 2 16 pada taraf signifikansi 5% maka diperoleh thit ttabel yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan monopoli edukatif lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan media monopoli edukatif. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba kelompok kecil diperoleh beberapa umpan balik untuk perbaikan produk sehingga dilakukan revisi sebanyak 1 kali. Saran yang muncul adalah bahwa media dapat digunakan dan dikembangkan pada materi atau mata pelajaran lain selain matematika dengan cara mengganti kartu-kartu soal dan mengganti judul pada papan monopoli. Selain itu dalam pemanfaatan media waktu juga harus diperhitungkan. Sebelum permainan dimulai antara guru dan siswa harus membuat kesepakatan waktu bermain monopoli edukatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104523

Actions (login required)

View Item View Item