Prabhandhari, Siska (2012) Penerapan model inkuiri untuk meningkatkan pembelajaran IPA materi daur air kelas V SDN Bandungrejosari 1 Malang / Siska Prabhandhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci HasilBelajar Model inkuiri Daur Air SekolahDasar. Berdasarkanhasilobservasidanwawancaraditemukanbahwapembelajaran IPA di kelas V SDN Bandungrejosari 1 Malang masihbelummembuatsiswamenemukankonsepsendiridalampembelajaran.Siswakurangtermotivasiuntukmengemukakangagasanmaupunmengemukakanpertanyaan.Padaakhirpembelajaran guru membuatkesimpulansendiridarikegiatan yang telahdilakukan.Padasaatobservasidiperolehhasilbelajarsiswa yang belummencapaiketuntasanbelajarsecaraklasikalmencapai 75% sedangkan yang sudahtuntasmencapai 25%.Salah satu model pembelajaran yang tepatuntukmengatasipermasalahanpembelajaran di atasadalahdenganmenggunakan model inkuiri.Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaraninkuiripadamatapelajaran IPA (2) aktivitassiswaselamapenerapan model inkuiripadapembelajaran IPA (3) hasilbelajarsiswasetelahpenerapan model inkuiripadapembelajaran IPA RancanganpenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas yang meliputi 4 tahapyaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Dalammelengkapi data initeknikpenelitianyang digunakanyaituobservasi wawancara dokumentasi dantes. Hasilpenelitianmenunjukkanpenerapan model inkuiridapatmeningkatkanpembelajaran IPA siswakelas V SDN Bandungrejosari 1 Malang tahunajaran 2011/2012.Prosentasekeberhasilan guru dalammenerapkan model inkuiripadasiklus I mencapai 87% dengankategoribaikdanpadasiklus II mencapai 92 5% dengankategorisangatbaik. Aktivitassiswameningkatyaitupadasiklus I nilaiaktivitasmencapai 69 5% sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi 78%. Hasilbelajarjugameningkat.Padatindakansiklus I rata-rata mencapaipersentase 68 1% dengankategorikurangdanmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 93 1% dengankategorisangatbaik. Padasaatpenelitianinipenelitimelakukanpenelitiansebanyak 2 siklusdengan 4 kali pertemuan.Padaprinsipnya model inkuiriitumelakukanpercobaandalamtiappertemuannyatetapipadapenelitianinisebanyak 1 kali pertemuantidakmelakukanpercobaan.Makapenelitisarankanbagipeneliti yang lainhendaknyaselalumelakukanpercobaandalampembelajaranmenggunakan model inkuiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |