Profil kemampuan kognitif siswa kelas III Sekolah Dasar dalam melakukan perkalian bilangan asli 1 sampai 10 / Arda Purnama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kemampuan kognitif siswa kelas III Sekolah Dasar dalam melakukan perkalian bilangan asli 1 sampai 10 / Arda Purnama Putra

Putra, Arda Purnama (2012) Profil kemampuan kognitif siswa kelas III Sekolah Dasar dalam melakukan perkalian bilangan asli 1 sampai 10 / Arda Purnama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Profil Kemampuan Kognitif Perkalian Bilangan asli 1 sampai 10. Perkalian merupakan kunci untuk dapat belajar ilmu matematika yang lebih lanjut. Tanpa menguasai perkalian seseorang tidak akan mampu menyelesaikan soal yang berhubungan dengan operasi hitung. Sebagai contoh kecil seseorang tidak akan bisa mencari luas suatu bangun jika tidak menguasai perkalian. Untuk menenetukan keliling dan luas suatu bangun untuk menentukan KPK dan FPB untuk mencari volume suatu bentuk ruang. Semua permasalahan diatas membutuhkan perkalian untuk menyelasaikannya. Untuk itu pembelajaran perkalian harus diajarkan sedini mungkin agar siswa nantinya mampu menguasai perkalian dengan baik. Pembelajaran perkalian di sekolah dasar dimulai pada saat siswa berada di kelas II semester ke-2. Berdasarkan KTSP tahun 2006 di kelas II ini siswa diajarkan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka. Sedangkan di kelas III semester 1 siswa akan diajarkan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan tiga angka. Dari sisni dapat disimpulkan bahwa di kelas III siswa Sekolah Dasar harus mampu menguasai perkalian dengan baik. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah Bagaimanakah profil kemampuan kognitif siswa kelas III sekolah dasar dalam menguasai operasi perkalian secara prosedural pada perkalian bilangan asli 1 sampai 10 Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa kelas III SDN di gugus IV Kedungkandang. Data yang diperoleh akan diaparkan secara apa adanya dalam bentuk chart yang nantinya akan diketahui SDN manakah yang mempunyai siswa dengan kemampuan kognitif tertinggi dalam melakukan perkalian bilangan asli 1 sampai 10. Alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu soal tes perkalian. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa SDN yang ada di gugus IV Kedungkadang Kota Malang masih terdapat setengah dari jumlah SDN di gugus IV yang memiliki rata-rata siswa dengan kemampuan menghafal perkalian dibawah kriteria baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104474

Actions (login required)

View Item View Item