Setyawan, Arie Rizka (2012) Penggunaan buku cerita untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang / Arie Rizka Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci buku cerita membaca Sekolah Dasar Hasil observasi awal di SDN Oro-oro Dowo Kota Malang kemampuan membaca siswa masih rendah. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Buku cerita juga tidak pernah digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mendiskripsikan 1) Penggunaan media buku cerita pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang (2) Kemampuan membaca isi bacaan siswa kelas III SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan buku cerita (3) Penggunaan media buku cerita dapat meningkatkan kemampuan membaca isi bacaan pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer yang dibantu teman sejawat sebagai Dokumentor. Hasil penelitian penggunaan buku cerita dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penggunaan media buku cerita pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang pada desain RPP siklus 1 sebesar 77 2% meningkat pada siklus II menjadi 94 11% dan pada kemampuan guru mengajar pada siklus I sebesar 81 52% meningkat pada siklus II menjadi 92 39% . Kemampuan membaca isi bacaan siswa kelas III SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I sebesar 63 79% dan meningkat pada siklus II menjadi 85 05%. Penggunaan media buku cerita dapat meningkatkan kemampuan membaca isi bacaan pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang sebesar 21 26 atau 33 32%. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya pembelajaran dengan menggunakan media buku cerita diterapkan disekolah karena dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan tambahan bagi pihak sekolah dan bermanfaat dalam proses pembelajaran agar guru lebih memberikan bimbingan motivasi dan pengarahan untuk lebih meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN Oro-oro Dowo Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |