Peningkatan hasil belajar pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualization) kelas V semester 2 SDN Bendogerit II Kota Blitar / Miftahur Roifana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualization) kelas V semester 2 SDN Bendogerit II Kota Blitar / Miftahur Roifana

Roifana, Miftahur (2012) Peningkatan hasil belajar pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualization) kelas V semester 2 SDN Bendogerit II Kota Blitar / Miftahur Roifana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar pecahan model pembelajaran kooperatif tipe TAI Observasi yang dilakukan terhadap siswa kelas V SDN Bendogerit 2 Kota Blitar menunjukkan siswa memiliki pemahaman konsep perkalian dan pembagian pecahan yang rendah sehingga hasil belajar siswa kurang dari KKM. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas V semester 2 di SDN Bendogerit 2 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar tahun ajaran 2011/2012 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V semester 2 di SDN Bendogerit 2 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar tahun ajaran 2011/2012 Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes angket dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan metode alur meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran perkalian dan pembagian pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bendogerit 2 Kota Blitar yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan 32% pada siklus I pertemuan 1 sebesar 45% siklus I pertemuan 2 sebesar 66% pada siklus II pertemuan 1 sebesar 71% dan siklus II pertemuan 2 sebesar 87%. Nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan 59 34 siklus I 64 21 dan siklus II 75 46 . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI telah dilaksanakan sesuai langkah-langkah model pembelajaran TAI. Penerapan model pembelajaran TAI juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bendogerit 2 Kota Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk memahami dan mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104427

Actions (login required)

View Item View Item