PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERMUATAN KARAKTER PADA KEMAMPUAN AKADEMIK DAN GENDER BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 7 MALANG - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERMUATAN KARAKTER PADA KEMAMPUAN AKADEMIK DAN GENDER BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 7 MALANG

Husna, Diana (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERMUATAN KARAKTER PADA KEMAMPUAN AKADEMIK DAN GENDER BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 7 MALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompetensiyangperludikembangkanuntukmenghadapitantanganhidupabad21antaralainketerampilanprosessainsdanketerampilanberpikirkritis(criticalthinkingskills).Pengembanganketerampilanprosessainsdanketerampilanberpikirkritisperludilatihmelaluipembelajaran.HasilobservasiyangdilakukandikelasXISMAN7MalangpadaBulanAgustus-September2018menunjukkanbahwapembelajaranbiologimasihdidominasiceramahsehinggakurangmemfasilitasipengembanganketerampilanprosessainsdanketerampilanberpikirkritis.Faktorinternalberupakemampuanakademikdangenderturutmempengaruhiperkembanganketerampilanprosessainsdanketerampilanberpikirkritis.Penelitianinibertujuanuntukmengujipenerapaninkuiribermuatankarakterterhadapketerampilanberpikirkritisdanketerampilanprosessainspadakemampuanakademikdangenderberbeda.Penelitiandilaksanakanmenggunakandesaineksperimensemudenganrancanganpretest-posttestnon-equivalentcontrolgroup.PenelitianmengambilsampelkelasXISMAN7Malangsebanyakduakelassebagaikelaskontroldankelaseksperimenyangmasing-masingterdiriatas34siswa.Dataketerampilanprosessainsdikumpulkanmelaluiobservasidanketerampilanberpikirkritisdikumpulkanmenggunakaninstrumentes.Datadianalisismenggunakanteknikanalisiskovarian(Anakova).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)Modelpembelajaraninkuiribermuatankaraktermeningkatkanketerampilanprosessains(p0000)2)Peningkatanketerampilanprosessainspadasiswadengankemampuanakademikataslebihtinggidibandingsiswakemampuanakademikbawah(p0000)3)Modelpembelajaraninkuiribermuatankarakterlebihberpengaruhterhadappeningkatanketerampilanprosessainssiswadengankemampuanakademikatas(p0000)4)Siswalaki-lakidanperempuanmenunjukkanpenguasaanketerampilanprosessainsyangsama(p0394)5)Modelpembelajaraninkuiribermuatankarakterlebihberpengaruhterhadappeningkatanketerampilanprosessainspadasiswaperempuan(p0010)6)Modelpembelajaraninkuiribermuatankaraktermeningkatkanketerampilanberpikirkritis(p0000)7)Peningkatanketerampilanberpikirkritispadasiswadengankemampuanakademikataslebihtinggidibandingsiswadengankemampuanakademikbawah(p0003)8)Tidakterdapatinteraksiantaramodelpembelajaraninkuiribermuatankarakterdankemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritis(p0070)9)Penguasaanketerampilanberpikirkritispadasiswaperempuanlebihtinggidibandingsiswalaki-laki(p0039)10)Tidakterdapatinteraksiantaramodelpembelajaraninkuiribermuatankarakterdangenderterhadapketerampilanberpikirkritis(p0287).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:02
Last Modified: 17 Dec 2020 07:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item View Item