Penerapan pembelajaran sosiodrama untuk meningkatkan keaktifan proses belajar IPS siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Malang / Kristina Putri Ayu Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran sosiodrama untuk meningkatkan keaktifan proses belajar IPS siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Malang / Kristina Putri Ayu Rahayu

Rahayu, Kristina Putri Ayu (2012) Penerapan pembelajaran sosiodrama untuk meningkatkan keaktifan proses belajar IPS siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Malang / Kristina Putri Ayu Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sosiodrama keaktifan proses belajar IPS Hasil observasi awal pada saat kegiatan pembelajaran IPS kelas IV di SDN Cemorokandang Kota Malang ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) guru masih menjelaskan materi pelajaran dengan ceramah sedangkan siswa hanya disuruh mendengarkan penjelasan guru (2) beberapa siswa yang duduk di belakang terlihat ramai sendiri tidak memperhatikan penjelasan guru bahkan ada juga siswa yang melamun dan asyik menggambar sendiri (3) setelah dijelaskan materi pelajaran kemudian siswa didikte guru untuk mencatat materi pelajaran padahal materi pelajaran tersebut sudah ada dalam buku paket siswa (4) setelah didikte siswa disuruh mengerjakan soal di LKS (5) kurangnya interaksi belajar siswa karena dalam pembelajarannya siswa jarang diberi kesempatan untuk belajar dengan berdiskusi untuk saling berpendapat saling menanggapi pendapat antar siswa lainnya (6) siswa belum aktif dalam proses belajarnya (7) penggunaan metode belum bervariasi (8) setelah pembelajaran IPS selesai peneliti mencoba bertanya kepada siswa tentang materi apa yang baru saja mereka pelajari tetapi beberapa siswa tampak kebingungan menjawab. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan sosiodrama dalam pembelajaran mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Malang (2) mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Malang selama penerapan sosiodrama (3) mendeskripsikan proses belajar siswa kelas IV SDN Cemorokandang 1 Malang selama penerapan sosiodrama. Penelitian ini dilakukan di SDN Cemorokandang 1 Malang dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 19 perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi wawancara catatan lapangan dan angket. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sosiodrama pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Cemorokandang1 Kota Malang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal itu terbukti dari rata-rata keaktifan siswa pada pra tindakan adalah 33 3 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 44 6. Pada siklus II rata-rata keaktifan siswa meningkat lagi menjadi 63 4. Dari uraian tersebut dapat diprosentasekan keberhasilannya yaitu dari pra tindakan ke siklus I peningkatan keberhasilan mencapai 33% sedangkan prosentase keberhasilan dari siklus I ke siklus II mencapai peningkatan sebesar 42 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104399

Actions (login required)

View Item View Item