Peningkatan hasiul belajar perkalian bilangan bulat melalui media Hand's on Activity pada siswa kelas II SDI Kardina Massa Kota Blitar / Dafid Sufyan Hakam - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasiul belajar perkalian bilangan bulat melalui media Hand's on Activity pada siswa kelas II SDI Kardina Massa Kota Blitar / Dafid Sufyan Hakam

Hakam, Dafid Sufyan (2012) Peningkatan hasiul belajar perkalian bilangan bulat melalui media Hand's on Activity pada siswa kelas II SDI Kardina Massa Kota Blitar / Dafid Sufyan Hakam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Perkalian Media Hands On Activity. Keterampilan mengalikan atau yang lebih dikenal dengan perkalian merupakan kegiatan pembelajaran yang termasuk dalam materi sulit dipahami dan tidak disukai oleh siswa karena siswa membutuhkan lebih banyak waktu untuk menemukan hasil penghitungan. Demikian juga yang terjadi di SDI Kardina Massa. Hal ini disebabkan oleh proses belajar yang kurang melibatkan siswa secara aktif serta cara belajar yang masih klasikal dan minimnya penggunaan media. Berdasarkan kondisi riil diatas maka dirumuskan masalah (1) Bagaimana penerapan media Hands On Activity pada pembelajaran Matematika tentang perkalian bilangan bulat di kelas II SDI Kardina Massa Kota Blitar (2) Apakah hasil belajar Matematika tentang perkalian bilangan bulat dengan media Hands On Activity di kelas II SDI Kardina Massa Kota Blitar dapat meningkat Penelitian ini menggunakan alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus masing-masing melalui empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran melalui bantuan media Hands On Activity yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SD. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran berbantuan media Hands On Activity pada siklus 1 diantaranya (1) siswa belum terbiasa bekerjasama dengan anggota kelompok yang telah ditetapkan karena sebagian siswa masih bergantung kepada peran guru sehingga hanya beberapa siswa yang terlihat aktif saat kegiatan pembelajaran (2) hanya sebagian siswa yang aktif menjawab soal dari guru karena mereka tidak terbiasa menjawab soal secara mencongak (3) siswa lebih senang bila belajar dengan media papan logika. Adapun pada siklus 2 masalah pada siklus 1 dapat diatasi dengan (1) lebih mengoptimalkan kegiatan diskusi kelompok dengan mengurangi peran guru sebagai pemberi bantuan (2) memberikan motivasi berupa penguatan secara lisan maupun tulisan serta pemberian hadiah kepada siswa yang berhasil menjawab soal mencongak dengan benar (3) mengoptimalkan penggunaan media papan logika dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berhitung perkalian (tes siklus I 58 8% dan siklus II 76 4%). Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media Hands on Activity dapat berpengaruh positif pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104366

Actions (login required)

View Item View Item