Mayasari, Rosita Dian (2012) Perbedaan hasil belajar PKn dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dan non kontekstual pada kelas V SDN gugus 05 Kecamatan Klojen Kota Malang / Rosita Dian Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar PKn pembelajaran kontekstual pembelajaran non kontekstual Salah satu strategi yang dapat membantu guru yaitu pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang menekankan pada pengalaman belajar siswa yang terjadi di dalam lingkungan belajar (konteks) sehingga siswa akan diajak membuat keterkaitan antara gagasan dan tindakan yang memiliki makna. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang monoton. Hal ini pun diakui oleh sebagian besar siswa bahwa cara mengajar guru yang membosankan. Siswa pun menganggap materi PKn sulit untuk difahami dan hasil belajar PKn siswa masih dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut peneliti menawarkan kembali pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar PKn dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dan non kontekstual pada kelas V di SDN Gugus 05 Kecamatan Klojen Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan yakni eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan bentuk pretes-postes grup kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V SDN Gugus 05 Kecamatan Klojen Malang. Sampel penelitian ini yakni kelas V SDN Bareng 02 dan SDN Bareng 03. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang sebelumnya telah diuji validitas reliabilitas tingkat kesukaran soal dan daya beda soal. Kemudian data dianalisis melalui uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat sebelum dilakukannya uji t. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil t_hitung sebesar 2 016 dengan harga t_tabel lebih kecil yakni 1 960 pada df 143. Taraf signifikansi yang digunakan yaitu 5% (0 05) dan harga t_hitung lebih besar dari t_tabel (t_hitung t_tabel ) maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Rata-rata kemampuan akhir dari kelas eksperimen yaitu sebesar 74 67 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kemampuan akhir kelas kontrol yaitu 70 81 Disimpulkan ada perbedaan hasil belajar PKn yang menerapkan pembelajaran kontekstual dan non kontekstual. Perbedaan yang ada yakni hasil belajar PKn siswa yang menerapkan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang tidak menerapkan pembelajaran kontekstual (non kontekstual). Saran bagi guru kelas V yakni untuk mencoba menerapkan pembelajaran kontekstual bagi kepala sekolah yakni untuk memberikan pembinaan bagi guru dan peneliti lain sebagai bahan kajian dalam melakukan penelitian lebih lanjut yang berhubungan dengan penerapan pembelajaran kontekstual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |