Employing PQRST strategy to improve the reading comprehension achievement of the eighth graders / Venny Putri Marisca - Repositori Universitas Negeri Malang

Employing PQRST strategy to improve the reading comprehension achievement of the eighth graders / Venny Putri Marisca

Marisca, Venny Putri (2018) Employing PQRST strategy to improve the reading comprehension achievement of the eighth graders / Venny Putri Marisca. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Marisca Venny Putri. 2018. Implementasi Strategi PQRST dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan pada Kelas 8. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd M.Ed. (II) Dra. Sri Andreani M.Ed. Kata Kunci strategi PQRST pemahaman membaca recount text Dalam pelajaran bahasa inggris membaca merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dipelajari. Pada studi pendahuluan peneliti menemukan bahwa kelas VIII-I di SMPN 14 Malang kesulitan dalam memahami teks bacaan. Peneliti juga menemukan bahwa peserta didik tersebut kurang motivasi dalam berpatisipasi di kegiatan belajar mengajar. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti menggunakan strategi membaca PQRST (Preview Question Read Summary dan Test). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Subyek dalam penelitian ini merupakan 32 peserta didik kelas VIII-I SMPN 14 Malang tahun ajaran 2018/2019. Kriteria keberhasilan dari penelitian ini adalah (1) 80% peserta didik mendapatkan 20 poin atau lebih pada tes akhir (2) 80% peserta didik memberikan respon positif pada implementasi strategi PQRST. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes bacaan lembar observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama hanya terdapat 24 peserta didik (75%) yang mendapatkan poin 8805 20. Gagalnya siklus tersebut diakibatkan oleh kurang maksimalnya implementasi pada langkah preview question dan summary. Jumlah peserta didik yang berpartisipasi pada langkah preview dan question masih sedikit. Dan peserta didik menghabiskan banyak waktu pada langkah summary. Oleh karena itu langkah langkah tersebut perlu di modifikasi untuk nantinya diimplementasikan di siklus ke dua. Terdapat prosedur yang terbukti sukses dalam mengimplementasikan strategi PQRST (1) memberikan langkah pratinjau yang interaktif terhadap gambar dan judul pada teks (2) meminta peserta didik untuk membuat pertanyaan terhadap hal yang ingin dipelajari pada teks yang akan diberikan (3) meminta peserta didik untuk membaca teks (4) menugaskan peserta didik untuk melakukan langkah meringkas untuk melatih daya ingat mereka dan (5) melakukan tes dan menilai kemampuan peserta didik dalam memahami bacaan bahasa inggris. Langkah langkah yang sangat penting pada strategi PQRST adalah langkah nomor satu sampai dengan empat karena langkah langkah tersebut berpengaruh besar pada suksesnya strategi ini. Dan pada siklus ke dua terdapat 32 peserta didik atau 100% peserta didik mendapatkan poin 8805 20. Selain itu dari lembar observasi terdapat 100% peserta didik yang memberikan respon positif dan dari kuesioner 80.6% peserta didik memberikan respon positif. Hal ini menunjukkan bahwa di siklus kedua terdapat 90.3% peserta didik yang telah memberikan respon positif pada implementasi strategi PQRST. Kesimpulannya strategi membaca PQRST dapat meningkatkan kemampuan memahami bacaan pada kelas delapan di SMPN 14 Malang. Strategi membaca ini memberikan proses belajar mengajar yang menarik yang dapat dengan mudah mengajak peserta didik untuk berpartisipasi dalam mengikuti strategi tersebut. Oleh sebab itu strategi ini dapat menjaadikan peserta didik memberikan respon positif pada saat implementasi strategi PQRST. Untuk guru strategi PQRST sangat direkomendasikan sebagai alternatif dalam strategi membaca dan untuk peneliti yang lainnya sangat disarankan untuk mengimplementasikan strategi ini dengan menggunakan tipe teks subyek dan media lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10433

Actions (login required)

View Item View Item