Kartika, Ika Dyah (2012) Profil pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto / Ika Dyah Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Supervisi Pembelajaran Kepala Sekolah SD Negeri. Supervisi adalah bantuan yang diberikan kepada guru maupun semua staf yang ada di sekolah untuk memperbaiki kinerja profesionalnya agar berdampak positif pada pembelajaran siswa di sekolah. Dari berbagai macam jenis supervisi yang diberlakukan di sekolah supervisi pembelajaran yang paling dianggap paling efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Supervisi pembelajaran yaitu kegiatan pembinaan yang ditujukan untuk membantu memperbaiki kondisi-kondisi baik dari segi personel ataupun dari segi material yang memungkinkan terciptanya situasi belajar mengajar yang lebih baik demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah dicanangkan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto kinerja kepala sekolah sebagai seorang supervisor masih dijumpai beberapa penyimpangan. Oleh karena itu untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah maka dilakukan penelitian ini. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah di SD Neegeri Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebesar 162 dan penelitian ini menggunakan population sampling. sampel yang digunakan berjumlah 162. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan rumus persentase dan mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kepala sekolah sebagai seorang supervisor dalam membuat perencanaan program supervisi pembelajaran yaitu didapatkan mean sebesar 42 53 yang berada pada interval 34 6 42 7 dan tergolong kriteria baik. Sedangkan kemampuan kepala sekolah dalam melaksankan teknik supervisi pembelajaran yaitu didapatkan mean sebesar 173 09 yang berada pada interval 163 8 202 3 dan mtergolong kriteria baik. Dan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan evaluasi program supervisi pembelajaran mendapatkan mean sebesar 47 yang masuk pada interval 41 4 51 1 dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan secara umum profil pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto tergolong baik. Berdasarkan hasil dan kekurangan penelitian disarankan kepada kepala SD Negeri di Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto disarankan agar lebih meningkatkan kemampuannya sebagai supervisor dan juga pemerataan penggunaan semua teknik supervisi agar dapat membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru. Kepada guru diharapkan lebih meningkatkan kinerja profesionalnya dengan berinisiasi meminta disupervisi. Kepada Dinas Pendidikan diharapkan memberikan masukan dan menambah frekuensi pelatihan tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran kepada kepala sekolah agar menjadi supervisor yang professional. Kepada prodi pgsd hendaknya memberikan persiapan kepada para calon guru dan kepala sekolah dengan menyampaikan materi supervisi pendidikan yang cakupannya lebih luas. Dan kepada peneliti lainnya diharapkan melakukan penelitian yang lebih mendalam dengan menambah variabel atau mengkorelasikannya dengan variabel lain sehingga hasil penelitian dapat berkembangkan dan dapat lebih bermanfaat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |