Peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III melalui Metode Audiolingual (MAL) di SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Achmad Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III melalui Metode Audiolingual (MAL) di SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Achmad Fauzi

Fauzi, Achmad (2012) Peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III melalui Metode Audiolingual (MAL) di SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Achmad Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Membaca Nyaring MetodeAudiolingual (MAL) SD Pembelajaran merupakan inti dalam proses pendidikan karena melalui pembelajaran akan tercipta suatu proses belajar mengajar. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar perlu adanya suatu pemilihan model pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran didalam kelas benar-benar mengeksplorasi seluruh kemampuan siswa. Diantara metode yang cocok untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah metode Audiolingual (MAL) untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring. Penelitianinibertujuanuntuk (1) MendeskripsikanpenerapanMetode Audio Lingual (MAL) untukmeningkatkanketerampilanmembacanyaringsiswakelas III SDN KarangBesuki I Kota Malang (2) Mendeskripsikanpeningkatanketerampilanmembacanyaringsiswakelas III SDN KarangBesuki I KecamatanSukun Kota Malang melaluiMetode Audio Lingual (MAL). Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas.Dalampengumpulan data penelitimenggunakantekniktesdan non tes.Tekniktesdigunakanuntukmengumpulkan data kemampuansiswadalammembacanyaring.TesdilakukandenganpemberiantugasmembacanyaringsuatuteksbacaandenganmetodeAudiolingual.Teknik non tesdilakukanuntukmengetahuikeadaan yang terjadisebenarnyaselama proses pembelajaran di dalamkelas yaitudenganmenggunakanteknikobservasi wawancara dancatatanlapangan. Hasilpenelitianpratindakandiketahuibahwa guru dalammengajarkhususnyapembelajaranmembacamasihmenggunakanmetodeklasik (ceramah) sehinggamenyebabkansiswakurangantusiasdalammengikutipembelajaran.Setelahmengikutipembelajaranmembacanyaringdenganmetodeaudiolingual aktivitasdankemampuansiswadalammembacanyaringmengalamipeningkatan.Kemampuanmembacanyaringdarisiklus I pertemuanpertamakepertemuankeduamengalamipeningkatansebesar 47 3%. Sedangkandarisiklus I pertemuankeduakeSiklus II mengalamipeningkatansebesar 31 6%. Hasilanalisistersebutmenunjukkanbahwapembelajarandenganmetodeaudiolingualdapatmeningkatkanaktivitas yang positifsehinggasiswalebihtertarikdanantusiasdalampembelajaranmembacanyaringdankemampuanmembacanyameningkat. Berdasarkanuraian di atasdapatdisimpulkanbahwametodeaudiolingualdapatmeningkatkankemampuanmembacanyaringsiswakelas III SDN Karangbesuki I KecamatanSukun Kota Malang.Olehkarenaitudisarankanbagi guru dansekolahsupayalebihtermotivasidanlebihsemangatdalammemberikanpengajaran yang bermutu bervariasidanberinovasiuntukmeningkatkanmutupendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104326

Actions (login required)

View Item View Item